Satpolairud Polres Asahan Periksa Kapal Tanpa Dokumen Lengkap

Kamis, 23 Maret 2023 / 21.17

Satpolairud Polres Asahan memeriksa kapal. (ft-ist)

ASAHAN, KLIKMETRO.COM - Satpolairud Polres Asahan mulai dari Selasa (21/03/2023) sekira jam 20.00 wib sampai Rabu (22/03/2023) sekira jam 08.00 wib menjaga situasi perairan dengan mengunakan kapal patroli KP. II Non Type.

Patroli KP. II Non Type lego jangkar di perairan Bagan Asahan, Guna melakukan tugas pengawasan serta pemeriksaan terhadap kapal yang diduga membawa barang-barang ilegal keluar /masuk melalui wilayah perairan Asahan.Patroli tersebut dilaksanakan oleh Aiptu Haryanto bersama Aipda M Zulridho Nasution.

Kapal Patroli KP. II Non Type melakukan pemeriksaan saat kapal kapal yang datang dari Laut menuju Perairan Asahan, selanjutnya dilakukan pemeriksaan oleh kapal tanpa nomor rek (Nelayan Tradisional) dan di Nakhodai oleh Hasanuddin tanpa Dokumen kapal Tidak Lengkap, Jumlah Abk 2 orang. 

Muatan kapal fiber berisi air, es dan tidak ada di temukan barang-barang yang ilegal atau yang melanggar hukum, kepada nahkoda diberi peringatan serta himbauan dan arahan.

Kasat Polairud Polres Asahan Ipda Mat Solekan SH, Kamis (23/03/2023) mengatakan, anggota yang turun langsung memberikan himbauan kepada pemilik kapal dalam melakukan penangkapan ikan diperairan Indonesia atau Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI-571 Selat Malaka) saja, tidak melewati batas dan apabila tidak memakai GPS diharapkan lihat situasi lintas kapal cargo agar para nelayan paham batas wilayah dan kepada seluruh ABK kapal jika beristirahat harap bergantian serta cek selalu pasang surut air dan arah angin,"terangnya.

Menjadi Mitra Polri dalam memelihara situasi Kamtibmas dengan memberikan informasi jika ada mengetahui pelanggaran atau kejahatan (Tindak Pidana) seperti Ballpress, Narkoba dan PMI (Pekerjaan Migran Indonesia) Ilegal yang keluar maupun masuk dengan cara menumpang di kapal-kapal diperairan Asahan,"ucapnya.

Kasat Polairud Polres Asahan juga berpesan mari Bersama sama menjaga Siskamtibmas perairan agar tetap aman dan jangan mudah terprovokasi dan terpancing dengan berita-berita Hoax, yang sifatnya dapat mengadu domba sesama nelayan.Bila melaut agar berhati-hati dan membawa alat-alat keselamatan seperti pelampung, life jaket atau alat pelampung lainnya,"pungkasnya.(hy)

Komentar Anda

Terkini