Pemko Pematang Siantar Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Minggu, 01 Oktober 2023 / 16.51

Pemko Pematang Siantar melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di halaman kantor wali kota, Jalan Merdeka, Minggu (1/10/2023) pagi. (ft-kominfo pematang siantar) 

SIANTAR, KLIKMETRO.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di halaman kantor wali kota, Jalan Merdeka, Minggu (1/10/2023) pagi. Upacara dipimpin Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA diwakili Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Junaedi Antonius Sitanggang SSTP MSi.

Upacara yang diikuti para pegawai Pemko Pematang Siantar serta pimpinan perusahaan daerah untuk mengenang para Pahlawan Revolusi yang gugur akibat kekejaman Partai Komunis Indonesia dalam peristiwa G30S/PKI.

Dalam rangkaian upacara, dibacakan naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila yang dikutip dari Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 sebagaimana dilansir Kemendikbudristek.

Adapun tema yang diusung dalam Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023 adalah “Pancasila Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Maju” dengan tujuan untuk mengingatkan masyarakat tentang ideologi Pancasila sebagai pondasi kehidupan bangsa yang tidak dapat digantikan dengan ideologi lainnya.

Plh Sekda Kota Pematang Siantar Junaedi Antonius Sitanggang SSTP MSi usai upacara mengatakan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi momentum untuk mengenang para Pahlawan Revolusi yang telah gugur dalam peristiwa G30S/ PKI. 

"Tentunya makna yang kita ambil dari  peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini bahwa kita memiliki pedoman, pandangan dasar, falsafah negara, Pancasila sebagai benteng kekuatan kita yang terkandung di dalam lima sila Pancasila tersebut,” terang Junaedi.

Lima kekuatan tersebut yang terkandung di dalam sila-sila Pancasila, diharapkan dapat terus memperkokoh kebersamaan dan kekompakan sehingga negara Indonesia semakin kuat dan semakin maju di masa akan datang untuk bersaing dengan negara lain.

Ia berharap melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila dapat mengambil pelajaran akan pentingnya sikap mencintai tanah air, menjunjung tinggi dasar negara, dan mengamalkan Pancasila.

Junaedi juga berpesan kepada generasi muda agar terus mempertahankan nilai-nilai Pancasila dan menerapkan di kehidupan sehari-hari.

"Bersama kita mempercepat terwujudnya Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," tukasnya. (pes)

Komentar Anda

Terkini