Oknum Pegawai Pasar Nauli Sibolga Diduga Intimidasi Para Pedagang

Rabu, 31 Januari 2024 / 15.32

Para pedagang Pasar Nauli Sibolga mengaku diintimidasi oleh oknum petugas pasar. (ft-ist)

SIBOLGA, KLIKMETRO.COM - Sejumlah Pedagang Pasar Nauli Sibolga diduga diintimidasi oleh seorang oknum pegawai (petugas) Pasar Nauli Sibolga, Kota Sibolga, Sumatera Utara berinisial LS.

Hal itu diungkapkan sejumlah pedagang saat ditemui wartawan di pelataran Pasar Nauli Sibolga. Mereka menyampaikan tidak mendapatkan tempat yang layak untuk berdagang (berjualan) yang sebelumnya sudah mendapatkan tempat. Namun, pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Sibolga tiba–tiba melakukan penarikan tempat untuk berjualan.

“Pertanyaan kami kepada Disperindag Pemko Sibolga bang, kenapa kami tidak mendapatkan tempat untuk berdagang di Pasar Nauli Sibolga ini, sementara pedagang lainnya mendapatkan tempat untuk berjualan, padahal sama-sama warga Negara Republik Indonesia,” ucap Alan Manullang, pedagang buah, Rabu (31/1/2024).

Alan juga menyebutkan, tempat dirinya berdagang tersebut ditarik oleh Dinas Perindag Sibolga berdasarkan perintah Kabid Perdagangan Ananta Siregar malalui pegawai (petugas) pasar yang berinisial LS serta malakukan intimidasi terhadap pedagang pasar.

“Kami selaku padagang yang merasa diintimidasi, tidak diberikan tempat yang layak, malah disuruh pindah ketempat yang tidak layak,” sebut pedagang bermarga Sianturi.

Pihaknya juga menduga bahwa masuk kedalam (berjualan) di Pasar Nauli Sibolga harus membayar atau dimintai sejumlah uang oleh oknum LS.

“Pembayaran tempat untuk berdagang (berjualan) ini ada tertentu tentu bang, yakni ada yang sendiri dan ada juga yang tersembunyi bang yang dilakukan oknum LS,” jelasnya.

Kemudian pedagang pasar tersebut juga menduga kuat bahwa oknum LS yang melakukan pengutipan sejumlah uang terhadap para pegadang pasar dan memperjual belikan lapak-lapak untuk berjualan kepada pedagang.

“Kami meminta Pemerintah Sibolga (Pemko Sibolga) berikan kami tempat yang layak terutama pedagang lama yang sudah bertahun-tahun berjualan di Pasar Nauli Sibolga ini,” kata Sianturi. (rizki)

Komentar Anda

Terkini