Awas, Mainan Mandi Anak Mengandung Kutu Berbahaya!

Rabu, 28 Maret 2018 / 22.32
Ilustrasi/net
WAKTU mandi biasanya juga sering dimanfaatkan ibu dan anak sebagai sarana bermain bersama. Biasanya mainan plastik yang lunak dan memiliki ruang di dalamnya sangat sering digunakan, karena anak dapat memasukkan air ke dalam mainan tersebut, lalu menyemprotkannya.

Tapi ternyata, mainan yang biasa digunakan anak saat mandi berbahaya untuk kesehatan mereka lho! Pasalnya, mainan ini dapat membahayakan kesehatan empat dari lima orang karena mengandung kutu berbahaya.

Para ilmuwan mengklaim, mainan seperti bebek plastik merupakan tempat berkembang biak bagi bakteri dan jamur. Ini akan membentuk lapisan lendir di bagian dalam mainan. Pertumbuhan kuman yang pesat pada mainan dipicu oleh kondisi kamar mandi yang lembap, adanya sisa sabun, keringat, dan juga air kencing dalam air mandi, jika menggunakan bathub.

Tes menunjukkan bahwa beberapa mainan telah terkontaminasi dengan 9,5 juta kutu per sentimeter persegi, karena mainan terbuat berbahan plastik. Hal itu akan memfasilitasi bakteri untuk tumbuh pesat.

Ilmuwan juga menjelaskan, ketika air dari mainan disemprotkan ke wajah anak-anak, mereka dapat berisiko terkena infeksi mata, telinga, atau perut. Institut Sains dan Teknologi Perairan Swiss juga menemukan 80 persen bakteri pada mainan plastik yang akan menyebabkan anak sakit adalah E. Coli dan Legionella.

Pemimpin studi Lisa Neu mengakui sebenarnya kuman dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan pada anak. Namun hal tersebut menjadi bahaya ketika mereka menyemprot atau meremas mainan tersebut, karena partikel biofilm dapat menyebabkan luka atau infeksi gastro-intestinal pada mata ataupun telinga. Temuan ini telah dipublikasikan dalam jurnal Biofilms dan Microbiomes.

Mungkin Anda dapat menghindari ini dengan menutup lubang-lubang pada mainan tersebut, tapi tentunya anak-anak tidak lagi merasa senang, karena tidak dapat menyemprot air. Untuk menjaga mainan agar tetap bersih, usahakan Anda tidak membiarkannya tetap terletak dalam kamar mandi.

Jangan lupa untuk membuang sisa air yang masuk lewat lubang udara, karena itu yang akan membuat kuman berkembang biak. Atau Anda juga dapat merebus mainan tersebut untuk menghilangkan kuman-kuman yang bersarang di dalamnya. (ok/int)
Komentar Anda

Terkini