Tahun Ini PNS Bakal Dapat THR Lebih Besar

Selasa, 10 April 2018 / 16.08
JAKARTA, KMC - Pegawai negeri sipil (PNS) bakal mendapatkan tunjangan hari raya (THR) yang lebih tinggi tahun ini. Selain gaji pokok, tunjangan kinerja (tukin) juga akan diberikan dalam THR nanti.

Pengelolan THR yang teratur sangat diperlukan untuk bisa bermanfaat dengan maksimal. Bila tidak, maka THR bisa dengan mudah habis begitu saja.

Perencana keuangan dari Finansia Consulting, Eko Endarto menjelaskan pada dasarnya THR merupakan suatu bonus yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup saat hari raya seperti Idul Fitri. Sebab, pada saat itu, biasanya harga-harga kebutuhan akan meningkat.

"THR kan namanya itu tunjangan hari raya, itu bantuan untuk hari besar yang kebetulan biasanya kalau hari besar itu harganya pada naik," kata Eko kepada detikFinance, Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Eko mengatakan prioritas menggunakan THR dengan baik ialah untuk mencukupi kebutuhan hidup di saat-saat harga yang biasanya meningkat tersebut. Menabung dari uang THR pun bukan menjadi prioritas yang utama.

"Jadi menabung dan menyimpan itu tak menjadi prioritas sebenarnya, jadi lebih ke bagaimana memenuhi kebutuhan ketika hari raya tadi. Karena sering terjadi ketika ada tambahan THR pun tetap kurang uangnya," katanya.

Sementara bagi yang melakukan mudik Lebaran, Eko menyarankan agar dana THR tak dihabiskan semuanya. Karena setelah lebaran berakhir, orang masih punya kebutuhan lain.

"Kalau yang mudik pasti lebih besar biasanya, karena ada uang transportasi, untuk hidup di sana, silaturahmi dan sebagainya. Yang penting adalah waktu dia mudik, dia harus menyisakan setengah dari pengeluaran bulanannya, nggak boleh habis tapi harus ditinggalkan di Jakarta," jelasnya.

"Karena itu dibutuhkan saat dia pulang mudiknya. Jadi jangan habis semuanya, jangan semua THR dibawa full ke daerah, tapi setengah dari penghasilan atau pengeluarannya harus ditinggal di Jakarta, karena dia pasti akan membutuhkan sampai gajian lagi," tuturnya. (dt/int)
Komentar Anda

Terkini