Tekuk Persija Skor 3-1, PSMS Naik Klasemen di Liga I

Jumat, 06 April 2018 / 18.07

MEDAN, KMC - PSMS Medan sukses meraih kemenangan perdananya pada ajang Go-Jek Liga 1 2018 bersama BukaLapak saat bertanding melawan Persija Jakarta di Stadion Teladan, Jumat (6/4/2018). Tim berjuluk Ayam Kinantan ini menang telak dengan skor 3-1.

Seperti dilansir dari liputan 6, kemenangan itu juga membawa PSMS Medan naik ke urutan ke-11 klasemen. Sedangkan bagi Persija, kekalahan dari PSMS membuat mereka merosot ke posisi ke-10. Posisinya bisa kembali merosot karena belum semua tim yang memainkan laga pekan kedua.

Sebelumnya, PSMS Medan harus menelan kekalahan dalam dua laga awal Liga 1. Mereka menyerah 0-1 di markas Bali United dan takluk 1-2 saat menjamu Bhayangkara FC. Untungnya, mereka mampu menghentikan tren buruk itu dengan menaklukkan Persija.

Jalan Pertandingan

Marko Simic yang baru mencetak dua gol ke gawang Arema FC kembali dipasang sebagai starter Persija melawan PSMS. Bahkan, mereka langsung mengancam gawang PSMS kawalan Abdul Rohim di menit kedua. Untung bagi PSMS, Addison Alves masuk perangkap offside saat menerima operan Simic sebelum menceploskan bola.

Tempo permainan langsung memanas saat laga baru memasuki menit kedelapan. Buktinya, wasit sudah harus mengeluarkan dua kartu kuning. Satu untuk Rezaldi Hehanusa di menit kelima dan Firza Andika di menit kedelapan.

PSMS mendapat peluang di menit ke-10. Tim besutan Djadjang Nurdjaman itu melancarkan serangan dari sisi kanan pertahanan Persija. Namun, umpan tarik Wilfried Yessoh masih bisa digagalkan pemain belakang Persija.

Di menit ke-14, tim berjuluk Ayam Kinantan mendapat hadiah tendangan bebas menyusul pelanggaran Jaimerson da Silva kepada Suhandi. Tapi, eksekusi Dilshod Sharofetdinov malah tak mengarah ke rekan-rekannya.

Peluang emas didapat tim Macan Kemayoran di menit ke-15. Riko Simanjuntak mendapat ruang menembak hasil dari tepisan Abdul Rohim untuk membendung tendangan Rudi Widodo. Sayang, tendangan mendatarnya tak mampu sampai ke gawang.
3 Gol Tercipta
Kans kembali didapat PSMS di menit ke-21. Menerima bola sentuhan Wilfried Yessoh di dalam kotak penalti, tendangan Suhandi malah melenceng jauh di atas gawang Andritany Ardhiyasa. Pada akhirnya, Persija yang lebih dulu membuka keunggulan. Berawal dari tendangan bebas Riko, Rohit Chand melepaskan tendangan first time untuk membobol gawang PSMS.

Andritany sempat kerepotan menjaga gawangnya di menit ke-29. Serangan bertubi-tubi dari situasi sepak pojok sempat dilancarkan tuan rumah. Bahkan, Andritany sampai harus mendapat perawatan medis.

Dua menit kemudian, giliran Sharofetdinov yang melakukan percobaan saat menyambut sepak pojok Frets Butuan. Sayang, sundulannya masih sedikit melambung di atas gawang Persija. Di menit ke-34, Rudi menyia-nyiakan peluang emas Persija meski sudah berhadapan langsung dengan kiper Abdul Rohim.

Di menit ke-42, Persija mendapatkan petaka. Berawal dari tendangan Suhandi di sisi kanan pertahanan Persija, Simic justru mencetak gol bunuh diri akibat sundulannya. Dua menit kemudian, PSMS berbalik unggul berkat sundulan Reinaldo Lobo memanfaatkan sepak pojok Firza. Keunggulan tuan rumah bertahan hingga jeda turun minum.

Babak Kedua

Kedua tim melakukan pergantian pemain di babak kedua. Kiper PSMS, Abdul Rohim digantikan Dhika Bayangkara. Sedangkan Rudi Widodo digantikan Addison Alves. PSMS langsung mendapat peluang di menit ke-49. Ia melepaskan umpan silang yang gagal disambut Frets.

Lobo benar-benar tampil impresif. Di menit ke-51, ia melakukan penyelamatan memukau. Berawal dari tendangan bebas Riko, Jaimerson menyundul bola yang nyaris berbuah gol. Namun, sebelum bola melewati garis gawang, Lobo lebih dulu melakukan sapuan.

Di luar dugaan, PSMS sukses memperbesar keunggulan di menit ke-54. Suhandi melakukan tendangan salto yang gagal diantisipasi Andritany. Artinya, Suhandi sudah terlibat dalam dua gol PSMS di laga ini.


Menyerang Total

Di menit ke-61, Simic nyaris mencetak gol akrobatik usai menerima crossing Riko. Namun, bola tendangan penyerang asal Kroasia itu masih mengarah tepat ke pelukan Dika. Bermaksud mengejar keterteringgalan, Ramdani Lestaluhu pun dimasukkan Stefano 'Teco' Cugurra di menit ke-63 untuk menggantikan Fitra Ridwan.

Lobo kembali melakukan penyelamatan gemilang di menit ke-70. Tendangan mendatar Addison dari sisi kanan gawang Persija sukses digagalkan pemain asal Brasil itu. Di menit ke-73, giliran Simic yang mendapat peluang. Meski sudah di depan gawang PSMS, ia malah mengarahkan bola ke Dika.

Tak puas dengan gaya gedor timnya, Teco pun memasukkan Bambang Pamungkas untuk menggantikan Rohit di menit ke-76. Namun, menurunkan tiga penyerang sekaligus tak membuat Persija mampu mengubah skor. Hingga laga berakhir, keunggulan 3-1 PSMS tetap bertahan.

Susunan Pemain

PSMS Medan (4-3-3): Abdul Rohim (Dhika Bayangkara 46); Jajang Sukmara, Reinaldo Lobo, Roni Fatahillah, Firza Andika, Dilshod Sharofetdinov, Eka Ramdani (Sadney Urikhob 64), Suhandi (Legimin Suharjo 84), Abdul Aziz Lutfi, Frets Butuan, Wilfried Yessoh, Erwin Ramdani

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa; Novri Setiawan, Vava Mario Yagalo, Jaimerson Xilva, Rezaldi Hehanusa, Fitra Ridwan (Ramdani Lestaluhu 63), Rohit Chand (Bambang Pamungkas 76), Sandi, Riko Simanjuntak, Marko Simic, Rudi Widodo (Addison Alves 46). (lip6/int)
Komentar Anda

Terkini