Dewan Dakwah Sumut Dirikan Akademi Da'wah Indonesia

Jumat, 17 Agustus 2018 / 17.44
Dewan Dakwah Indonesia luncurkan ADI.
MEDAN, KMC - Saat ini negara Indonesia sedang mengalami banyak persoalan bangsa, musibah dan bencana datang silih berganti. Jika mengacu pada penjelasan Allah SWT  dalam Surah Al – Isra’ ayat 58, sangat boleh jadi ini disebakan karena kemungkaran dan kemaksiatan yang terjadi karena bukan hanya sebatas tumbuh dan berkembang, tetapi ditumbuhkan dan dikembangkan.

Demikian diungkapkan H Chairul Azhar SSi MSi, selaku Direktur Akademi Da’wah Indonesia (ADI) Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia pada malam Galadiner Peluncuran Akademi Da’wah Indonesia di Restoran JM Bariani, Jalan Pemuda Medan, Minggu (5/8/2018).

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa sepanjang sejarah gerakkan penyelamatan yang pernah berhasil menyelamatkan ummat manusia dari kehancuran adalah melalui Gerakkan Da’wah, karena Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia secara Nasional mencanangkan “Selamatkan Indonesia dengan Da’wah”.

Senada juga diungkapkan Ketua Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Provinsi Sumatera Utara  H Ahmad Husein. Dalam sambutannya dia menyebutkan, bahwa unsur gerakkan da’wah itu adalah da’i. Maka Dewan Da’wah di tingkat Nasional maupun Provinsi mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Da’wah (STID), serta Akademi Da’wah (ADI) pada tingkat Kabupaten/Kota sebagai lembaga non formal sebagai wahana untuk menyiapkan da’i penerus risalah yang akan bertugas nantinya menyelesaikan seluruh kewajiban pendidikan di daerah – daerah pedalaman atau pinggiran kota di seluruh Indonesia, terkhusus Sumatera Utara.

Sementara itu, Dr H Zamaskhari Hasballah Lc MA selaku Wakil Direktur Akademi Da’wah Indonesia Sumatera Utara menjelaskan, angkatan pertama mahasiswa yang diterima hanya dua puluh orang. Masa perkuliahan dilakukan selama dua tahun dengan bobot SKS sejumlah 91 SKS dengan sisitem pendidikan adalah ber-Asrama dan mahasiswanya berassal dari pondok pesantren terbaik yang diseleksi secara profesional. Pelaksanaan kegiatan sepenuhnya di Kampus Pesantren Al Manar, Jalan Karya Bakti Medan

Bendahara Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia Ir H Heri Batangari Nasution M Psi mengatakan, pembiayaan ADI sepenuhnya dari donatur yang dikelola oleh Laznas Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia yang secara badan hukum di tingkat Provinsi telah disahkan oleh Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara serta pada tingkat nasional melalui keputusan menteri Agama RI.

"Bagi masyarakat muslim khususnya yang berada di Sumatera Utara yang ingin membantu program ini dapat berhubungan dengan Laznas Provinsi Sumatera pada alamat kantor Jalan Brigjendi Katamso no 325 Medan,"ujar Heri yang juga menjabat sebagai Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi ini pada wartawan di Medan, Jumat (17/8/2018).

Dia menambahkan, kegiatan malam gala dinner ini dihadiri para tokoh diantaranya Prof.Dr.ret.nart Efendi Delux Putra, Prof. Hari Agusnar, dr. Delphi,SpM, Ir.H. Asrul Hasan MM, dr. Delyuzar Haris, H. Zailani (Kakanwil BSM Sumatera)  dan tamu lainnya.

“Alhamdulilah telah ada 10  (sepuluh) orang tua asuh yang berkomitmen mendanai program ini. Bagi masyarakat yang berkeiginan untuk membantu dapat mentransfer bantuan melalui Bank Syariah Mandiri an ADI Sumut nomor rekening 7766008881,” pungkas Heri. (mar)
Komentar Anda

Terkini