-->

Normalisasi Sungai Putih, Dinas PU Kerahkan Spider Excavator

Sabtu, 29 Juni 2019 / 20.33
Upaya normalisasi sungai dan drainase dengan menggunakan alat berat.
KLIKMETRO.com, MEDAN - Normalisasi yang dilakukan Pemko Medan melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan tidak hanya sebatas parit maupun drainase. Lantaran tersumpat dan dipenuhi sampah, Sungai Putih yang melintasi Kelurahan Sei Putih tengah, Kecamatan Medan Petisah pun dinormalisasi. Jumat (28/6/2019). 

Proses normalisasi berjalan dengan lancar, Dinas PU menurunkan satu unit alat berat spider excavator. Diturunkannya alat berat yang cara kerjanya tak ubah menyerupai laba-laba itu lantaran normalisasi sulit dilakukan secara manual. Oleh karenanya dalam normalisasi kali ini, tak satu pun petugas diturunkan dalam sungai untuk melakukan pengorekan smapah bercampur lumpur.

“Kita sengaja menurunkan satu unit spider excavator untuk mendukung kelancaran normalisasi Sungai Putih. Sebab, alat berat yang kita miliki ini sangat efektif dalam melakukan pengorekan. Selain bisa masuk dalam sungai, spider excavator juga dapat melintasi medan yang cukup berat dan terjal,” kata Kadis PU Kota Medan Isa Anshari.

Dalam waktu yang tidak lama, spider excavator  berhasil ‘membersihkan Sungai’ Putih  dari tumpukan sampah bercampur lumpur. Bersamaan itu air sungai pun kembali mengalir dengan lancar. “Semoga dengan normalisasi yang kita lakukan ini, Sungai Putih kembali berfungsi dengan baik sehingga membuat warga sekitar merasa tenang dna nyaman,” ungkapnya.

Kemudian normalisasi juga dilakukan Dinas PU di Kelurahan Mabar, Kecamatan Medan Deli . Di wilayah itu drainase yang ada sudah tertutup sehingga acap kali menjadi langganan air maupun genangan air ketika hujan.  Untuk mengatasinya, Dinas PU melakukan pengorekan tak ubahnya seperti membuat drainase baru.

Begitu juga di Jalan Pintu Air IV, Kecamatan Medan Johor. Normalisasi dilakukan guna mengatasi drainase yang telah mengalami pendangkalan cukup lama sehingga menjadi pemicu terjadinya genangan air.

Guna mendukung kelancaran proses normalisasi Kadis PU Kota Medan Isa Anshari menurunkan satu unit backhoe loader mini. Selain melakukan pendalaman kembali, backhoe loader juga melakukan pelebaran sehingga daya tampung drainase lebih besar kembali sehingga mampu menampung debit air hujan. (mr/riz)
Komentar Anda

Terkini