Wow, Parit Jalan Denai Hasilkan Sampah Hingga 6 Dump Truk

Kamis, 25 Juli 2019 / 23.43
Sampah menumpuk di parit Jalan Denai, Medan.
KLIKMETRO.com, MEDAN - Sungguh memprihatinkan sekali kondisi parit primer di Jalan Denai, Kelurahan Tegal Sari, Kecamatan Medan Area. Tumpukan sampah mengakibatkan parit tumpat, sehingga mengakibatkan banjir.

Mengingat penyumbatan sampah di patir primer cukup parah, Camat Medan Area, Hendra Asmilan minta bantuan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan untuk mendukung penuh pelaksanaan normalisasi. Selain mengerahkan sejumlah petugas, Dinas PU juga  menurunkan satu unit backhoe loader mini guna mendukung kelancaran sekaligus memaksimalkan hasil normalisasi yang dilakukan tersebut.

Tidak hanya parit, gorong-gorong pun dipenuhi sampah sehingga menyebabkan penyumbatan semakin parah. Untuk mengatasinya, sejumlah petugas harus memasuki gorong-gorong  meski kondisinya gelap, pengap dan sangat bau karena tumpukan sampah sudah cukup lama mengendap.

Bersamaan itu backhoe loader mini pun beraksi mendukung  normalisasi yang dilakukan secara manual tersebut. Berkat kerjasama dan kerja keras yang dilakukan, perlahan-lahan sampah   yang menutupi permukaan parit, termasuk gorong-gorong berhasil dibersihkan  dari sampah sehingga air parit pun mulai mengalir.

Alhamdulillah, parit primer yang semula dipenuhi sampah kini telah bersih sehingga air parit dapat mengalir dengan lancar kembali. Kita harapkan warga sekitar menjaga kebersihan parit primer pasca dilakukannya normalisasi. Mari kita jaga kebersihan parit primer dengan tidak membuang sampah sembarangan, sebab fungsi parit bukan tempat sampah melainkan untuk mengalirkan air dan menampung debit air hujan,” kata Hendra Asmilan.

Dari hasil normalisasi yang dilakukan, sampah yang dibersihkan dari permukaan parit primer serta gorong-gorong sebanyak 6 dump truck. Umumnya sampah tersebut berbahan plastik yang sangat sulit terurai. Selanjutnya seluruh sampah diangkut menggunakan dump truck untuk dibuang ke lokasi pembuangan.

“Semoga dengan normalisasi yang kita lakukan, persoalan banjir yang selama ini terjadi dapat diatasi. Pasca dilakukannya normalisasi, kita harap dapat menggugah kesadaran masyarakat sehingga mereka tidak buang sampah sembarangan lagi, terutama ke dalam  parit. Jika parit tersumbat, maka banjir akan terjadi kembali sehingga masyarakat sekitar yang akan merasakan dampaknya,” pesannya. (riz)
Komentar Anda

Terkini