-->

Hasyim dan Ihwan Ritonga akan Jadi Pimpinan Sementara DPRD Medan

Selasa, 27 Agustus 2019 / 21.35
Dua calon pimpinan sementara DPRD Medan, Hasyim (kiri) dan Ihwan Ritonga (kanan).
KLIKMETRO.com, MEDAN - Menjelang berakhirnya jabatan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan periode 2014-2019 pada September nanti, dua nama disiapkan untuk menempati posisi pimpinan sementara.

Mereka yakni, Hasyim SE (PDI Perjuangan) dan Ihwan Ritonga (Gerindra). Keduanya diusulkan partai masing-masing ke sekretariat DPRD Kota Medan. Pihak sekretariat pun sudah menyurati PDIP dan Gerindra untuk menyiapkan nama pimpinan sementara DPRD Medan. Sebagai pemenang pertama dan kedua. Partai politik tersebut berhak mendapatkan jatah pimpinan dewan.

Kabag Persidangan dan Perundang-undangan DPRD Medan, Alida mengatakan pihaknya telah menyurati Gerindra dan PDIP untuk mengirimkan nama untuk pimpinan sementara. "Berdasarkan tata tertib (tatib) yang ada, sebelum ada pimpinan defenitif 4 orang, terlebih dahulu ada dua pimpinan sementara. Satu posisi ketua dan satu posisi wakil ketua," ujarnya, Rabu (27/8/2019).

"Setelah kami menerima 50 nama anggota DPRD Medan periode 2019-2024 dari KPU, kami layangkan surat kepada PDIP dan Gerindra untuk menyiapkan nama pimpinan sementara," ungkap wanita yang akrab disapa Uni itu.

Dia berharap PDIP dan Gerindra untuk segera membalas surat tersebut. Nantinya, surat dari partai untuk nama pimpinan sementara akan diumumkan melalui sidang paripurna.

Berdasarkan tatib yang ada, Uni menjelaskan ada 3 tugas dan fungsi dari pimpinan sementara. Pertama, memproses usulan pimpinan defenitif. Kedua, membentuk fraksi. Ketiga, memperbaiki tatib.

"Tidak ada aturan yang menyebut pimpinan sementara harus jadi pimpinan defenitif. Itu semua tergantung partai politik," bebernya seraya menyebut fasilitas yang diterima pimpinan sementara sama seperti pimpinan defenitif.

Kata dia, berkaca pada periode 2014-2019 pelantikan posisi pimpinan defenitif hanya berselang satu bulan dari pelantikan."Anggota dewan saat ini dilantik 15 September 2014. Pimpinan defenitif dilantik 17 Oktober 2014, hanya berselang satu bulan," papar Uni. (mar)

Komentar Anda

Terkini