Silaturahmi di Pesantren Musthafawiyah, Gubsu Berpesan Jaga Kebersihan Lingkungan

Jumat, 06 September 2019 / 20.51
Gubsu Edy Rahmayadi dan istri bersilaturahmi ke Ponpes Musthafawiyah.
KLIKMETRO.com, MADINA – Ribuan santri Pesantren Musthafawiyah Purba Baru, Mandailing Natal (Madina), antusias menyambut kedatangan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi, Jumat (6/9/2019). Bahkan, sepanjang jalan menuju pesantren juga dipenuhi masyarakat yang ingin melihat langsung orang nomor satu di Sumut ini.

Kunjungan kali ini, Gubernur meresmikan bantuan sumur bor untuk keperluan mandi, cuci, dan kakus (MCK), serta meninjau asrama santriwati di Pesantren Musthafawiyah Purba Baru. Edy Rahmayadi dan rombongan juga bersilaturahmi dengan pimpinan pesantren, para guru dan ribuan santri yang hadir.

Di hadapan para santri, Edy Rahmayadi berpesan agar para santri menjaga kebersihan lingkungan asramanya. Tempat belajar tidak boleh kotor. Karena, lingkungan yang kotor dapat mengakibatkan para santri jadi sakit.

Kesadaran kebersihan harus ditanam sejak dini. Kebersihan jangan hanya untuk diri sendiri, melainkan harus juga memikirkan orang lain. Edy mencontohkan orang-orang di Jepang tidak membuang sampah sembarangan, lantaran tidak ingin menyusahkan orang lain.

"Bersih, bukan hanya bersih orangnya, melainkan lingkungannya juga, kebersihan juga bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang lain," pesan Gubernur.

Gubernur juga menyampaikan, jika ada yang diperlukan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut akan membantu pesantren tersebut. Terutama mengenai pengelolaan sampah.

Kepada para santri, Gubernur juga berpesan agar menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh. Pesantren adalah tempat para ulama berasal. Maka, para santri haruslah belajar dengan giat agar selepas tamat sekolah bisa langsung mengabdi ke masyarakat.

Sementara itu, Mudir Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru H Mustafa Bakri Nasution mengucapkan selamat datang kepada Gubernur dan rombongan. Dikatakannya, kehadiran Gubernur dan rombongan menjadi motivasi bagi para santri untuk lebih serius dan bersungguh-sungguh menuntut ilmu di pesantren.

"Selamat datang Gubernur Sumatera Utara, terima kasih telah bersedia menemui dan bersilaturahmi anak anak kami di sini," katanya.

Sebelum menghadiri acara silaturahmi, Gubernur Edy Rahmayadi melaksanakan Salat Jumat di masjid pesantren. Usai salat Jumat, Gubernur langsung diserbu para santri yang hendak bersalaman dengannya.

Turut hadir Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Sumut Ida Mariana dan Kepala Dinas Pendidikan Sumut Arsyad Lubis. (mar/rel)
Komentar Anda

Terkini