Terkendala Gerindra, Pelantikan Pimpinan Defenitif DPRD Medan Akan Bertahap

Senin, 28 Oktober 2019 / 17.36
ft/ist.
MEDAN, KLIKMETRO - Hingga saat ini draf Surat Keputusan (SK) dari Gubsu untuk pelantikan pimpinan defenitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan belum juga turun. Hal ini lantaran ketiadaan surat pengantar dari DPC Gerindra Kota Medan.

Sekretaris DPRD Medan, Abdul Aziz mengakui hingga hari ini pihaknya belum menerima surat dari Pemprovsu untuk SK penetapan pimpinan DPRD Medan. Berdasarkan informasi yang diterimanya, Surat Keputusan (SK) pimpinan DPRD Medan sedang dieksaminasi oleh Biro Hukum Setdaprov Sumut.

“Katanya hari ini draft SK nya naik ke Gubernur. Mudah-mudahan pagi ini bisa ditandatangani pak Gubernur agar siangnya bisa kami jemput. Kalau sudah begitu, besok atau lusa sudah bisa dijadwalkan agenda pelantikan Pimpinan DPRD Medan yang defenitif,” ujarnya saat ditemui wartawan, Senin (28/10/2019).

Sementara, Kabag Hukum dan Persidangan Sekretariat DPRD Medan, Alida, menyebutkan, tak tertutup kemungkinan pelantikan pimpinan defenitif akan dilakukan bertahap. Hal itu berdasarkan surat edaran Kemendagri Ni 170/5028/OTDA pertanggal 16 September 2019, disebutkan bahwa pelantikan pimpinan defenitif bisa dilakukan bertahap.

"Di sini kan pimpinannya ada 4, kalau hanya 3 yang sudah lengkap administrasinya. Bisa hanya 3 dulu yang dilantik, setelah selesai administrasi pak Ihwan Ritonga barulah satu lagi dilantik terpisah. Cuma kan capek, berulang kali, maunya hanya sekali saja,” sebut wanita yang akrab disapa Uni ini.

Menyoal surat  pengantar dari DPC Partai Gerindra Kota Medan untuk Ihwan Ritonga selaku Wakil Ketua DPRD Medan sudah keluar atau belum. Uni mengaku tidak tahu. “Karena berkasnya sudah di Pemprov Sumut, mungkin surat pengantarnya langsung ke sana, tidak lagi melalui kami,” jelasnya. 

Untuk diketahui ada 4 unsur pimpinan DPRD Medan. Dari PDI Perjuangan Hasyim Wijaya (ketua). Dari Gerindra, Ihwan Ritonga (wakil ketua). Dari PKS, Rajuddin Sagala (wakil ketua) dan dari PAN, Bahrumsyah (wakil ketua). (riz/mar)
Komentar Anda

Terkini