Gaji Guru Honor Tertunggak, Anggaran Rp 15 M Tak Jelas

Selasa, 12 November 2019 / 17.42
Wakil Ketua DPRD Medan Ihwan Ritonga menerima keluhan tertunggaknya gaji guru honor yang disampaikan Perwakilan FHI Medan.
MEDAN, KLIKMETRO - Hingga pertengahan November 2019 ini, bantuan Rp 15 miliar Pemko Medan untuk guru honor belum juga mengucur. Padahal bantuan anggaran ini sudah disahkan oleh DPRD Medan.

Permasalahan ini terungkap setelah perwakilan Forum Honorer Indonesia (FHI) Kota Medan menemui Wakil Ketua DPRD Medan Ihwan Ritonga di Gedung DPRD Medan, Selasa (12/11/2019).

Dalam pertemuan itu Ketua FHI Kota Medan, Fahrul Lubis, mengatakan masih banyak permasalahan di tingkat guru honorer yang belum juga selesai hingga saat ini. Beberapa di antaranya bantuan Rp15 miliar yang sudah dianggarkan oleh DPRD Medan sampai sekarang belum juga diterima hingga gaji guru honor hanya 3 bulan yang dibayarkan.

"Padahal kami sudah tidak menerima gaji selama 5 bulan pak. Masak kami harus menunggu dana BOS yang berikutnya turun pak," kata Fahrul Lubis.

Fahrul dan para guru honor lainnya berharap ada upaya dari DPRD Medan untuk menyampaikan keluhan mereka ke Wali Kota Medan maupun Dinas Pendidikan Medan.

"Kami juga meminta pada Pak Ihwan menyuarakan isi hati kami ini juga. Stop penerimaan guru honor di sekolah-sekolah agar lebih sejahtera lagi. Kami juga berharap guru honor gajinya sesuai UMK, atau paling tidak sesuaikan dengan gaji honor di dinas-dinas," pintanya seraya menjelaskan bahwa semua guru honor merupakan tamatan S1.

Menyikapi pengaduan itu Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga, mengatakan bahwa Dinas Pendidikan Medan sudah mendata seluruh guru honor penerima insentif dan memberikan data tersebut ke Pemko Medan. Hanya saja Pemko Medan yang belum juga menyalurkan dana tersebut.

"Kita paham kondisi guru-guru honor di Kota Medan yang terima gaji Rp300 ribu - Rp600 ribu per bulan. Tiap rapat kita sampaikan ke Disdik Medan supaya kesejahteraan guru honor di Medan diperhatikan. Makanya kemarin ada bantuan insentif yang Rp15 miliar itu. Bagaimana teknisnya, kita serahkan ke Disdik pola pembagiannya," jelasnya.

Ihwan menambahkan, secara tegas Fraksi Gerindra tiap tahun terus mendorong Pemko Medan supaya memperhatikan nasib guru-guru honor. Begitupun dirinya berharap semua guru bersabar. "Tahun 2020 juga akan kita anggarkan lagi insentif ke guru-guru honor. Ada ribuan guru honor kan? Jadi itu juga harus kita pikirkan," ujarnya.

Kepada kepala sekolah, Ihwan menegaskan agar tidak menunda-nunda penyaluran dana BOS, di mana di dalamnya terdapat pembayaran gaji guru honor. "Pendapatan daerah kita di angka Rp2,2 triliun per tahun. Kalau seluruh potensi bisa dikelola dengan baik, bisa mencapai Rp4 triliun. Semua sektor bisa kita sejahterakan. Memang, tidak semuanya bisa dianggarkan Pemko Medan. Tapi bersabarlah, semua akan mengarah pada kesejahteraan," pungkasnya. (mar)
Komentar Anda

Terkini