Wujudkan Medan Cantik, Akhar Tinjau Aliran Sungai Bederah

Jumat, 14 Februari 2020 / 16.58
Plt Walikota Medan Ir Akhyar Nasution meninjau aliran Sungai Bederah di Jalan Kapten Sumarsono.
MEDAN, KLIKMETRO - Usai menjadi narasumber pada dialog di Studio Pro 1 RRI Medan dengan Topik “Mewujudkan Medan Cantik”. Selanjutnya Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi meninjau aliran Sungai Bederah yang berada di samping gerbang Tol Helvetia Jalan Kapten Sumarsono, Jumat (14/2/2020). Peninjauan ini dilakukan untuk melihat titik dari permasalahan  dan langkah dalam upaya mengatasi banjir di Perumnas Helvetia seperti yang selama ini dikeluhkan masyarakat setiap hujan deras tiba.
Seperti yang diketahui, Sungai Bederah mengalami penyempitan dan pendangkalan akibat pembangunan yang ada, kondisi tersebutlah yang menyebabkan aliran sungai melambat ketika melintasi kawasan tersebut. Akibatnya ketika turun hujan yang sangat deras dan berlangsung cukup lama, sungai tersebut tidak mampu menampung debit air hujan, sehingga air meluap dan menggenangi rumah warga.
Didampingi Plt Kadis Pekerjaan Umum Kota Medan Zulfansyah, Kabag Humasy Setda Kota Medan Arrahman Pane dan Camat Medan Helvetia Andi Mario Siregar serta Hestu Budi Sebagai Project Director PT Hutama Karya Pengembangan Jalan Tol Medan Binjai saat melakukan peninjauan, Plt Wali Kota mengusuri sungai dan melihat kondisi Sungai Bedera tersebut. Selain itu, Akhyar juga memberikan arahan kepada Kadis PU.
Ketika melakukan peninjauan, Akhyar menemukan adanya hambatan aliran air akibat sisa material pembangunan gerbang tol bangunan yang belum diangkat. “Ini kita lihat problem hambatan aliran air di Sungai Bederah. Pada saat pembangunan gerbang tol Helvetia ini, ada sisa material yang tidak diangkat. Dan itu menyebabkan sangkutnya semua sampah-sampah,” ujar Akhyar.
Disela-sela peninjauan, Plt Wali Kota yang mendengarkan keluhan dari masyarakat, yang selama ini warga tersebut megalami banjir di sekitar rumahnya. Menanggapi hal tersebut, Plt Wali Kota akan melakukan normalisasi pada Sungai Bederah dan meminta kepada warga setempat untuk tidak membuang sampah ke sungai, dimana membuang sampah kedalam sungai juga menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir.
Melihat sampah berserakan di salah satu gang, Akhyar langsung meminta kepada warga untuk tidak lagi membuang samapah dan mewadahi sampahnya masing-masing. “Saya minta partisipasi dari masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah. Mari kita mulai bergotong royong menjaga Kota Medan yang kita cintai ini agar bersih, indah, cantik dan rapi,''ajak Akhyar. (mar)
Komentar Anda

Terkini