Resmikan SMPN 2 Satu Atap, Soekiman Berharap Siswa di Sergai Jadi 'Naga' Kebanggaan Daerah

Rabu, 22 Juli 2020 / 21.38
Bupati Sergai Ir H Soekirman bersama sejumlah siswa saat peresmian SMP Negeri 2 Satu Atap Pantai Cermin.
PANTAI CERMIN, KLIKMETRO - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman menghadiri Peresmian Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Satu Atap Pantai Cermin di Dusun IV, Desa Nagakisar, Kecamatan Pantai Cermin, Rabu (22/7/2020).

Selain Bupati Sergai, hadir juga Wakapolres Kompol Sofyan, anggota DPRD Mangudut Hasugian SE, para Asisten, Staf Ahli, Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik MM beserta jajaran, Kepala OPD, Camat Pantai Cermin Aminuddin, S.Sos, Korwil Bidang Pendidikan, Dewan Pendidikan, Pengawas, Kepala Sekolah SMP, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, kepala desa, tokoh masyarakat, serta masyarakat.

Mengawali sambutannya, Bupati Sergai memberikan apresiasi kepada jajaran Dinas Pendidikan bersama kepala sekolah, guru serta tenaga kependidikan lainnya, yang telah bersinergi dengan legislatif.

"Seperti yang disampaikan oleh Kadis Pendidikan bahwa kekuatan dari dalam itu sangat luar biasa, maka hari ini kita wujudkan bersatunya kekuatan dari dalam tersebut dengan peresmian SMPN 1 Satu Atap Pantai Cermin yang kita banggakan ini. Terlebih hari ini juga turun hujan sebagai pertanda rahmat dan kasih Tuhan kepada kita semua. Sekolah yang kita resmikan ini berada di Desa Naga Kisar, saya ingin kita seperti istilah 9 Naga sebagai sosok-sosok paling berhasil dan disegani di Indonesia," ujar Bupati Soekirman.

Dia juga berpesan kepada anak-anak didik sekalian untuk belajar sungguh-sungguh dan kerja keras dalam mencapai tujuan. " Saya yakin kalian bisa akan menjadi "naga-naga" kebanggaan daerah, bahkan menjadi kebanggaan nasional, jangan merasa malu meski kalian tinggal di kampung, karena prestasi kalian tidaklah kampungan," kata Soekirman bangga.

Dalam kesempatan tersebut, Soekirman mengajak masyarakat suku batak, jawa, suku melayu dan suku lainnya yang ada di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat untuk menyadari bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM). "Kita masih kalah dari daerah lain seperti Toba Samosir dan Karo. Di daerah tersebut masyarakatnya sangat mementingkan pendidikan, dibuktikan dengan banyaknya lulusan sarjana. Bagi mereka, pendidikan adalah yang paling utama, dan tidak ada dalam kamus istilah putus sekolah,"ujarnya seraya menambahkan, selain sulitnya mendapatkan sekolah terdekat yang menampung, juga karena faktor ekonomi.

Soekirman merincikan, hingga sampai saat ini SD Negeri di Kabupaten Sergai ada 470, sementara SMP berjumlah 70, sudah termasuk swasta. "Kita bayangkan siswa yang tamat SD ada 400 kelas, sementara SMP yang tersedia hanya 70 yang tentunya tidak akan mencukupi dan pastilah kekurangan menampung lulusan SD tersebut. Pada kesempatan ini juga saya memerintahkan dinas terkait untuk segera menampung anggaran pembangunan SMP ini dalam penyusunan anggaran Tahun 2021, dan saya yakin legislatif di sini akan sangat mendukung serta memperjuangkan untuk keberlanjutan pembangunan pendidikan di Kabupaten Sergai,"pungkasnya.

Dikesempatan sama, anggota DPRD Sergai, Mangudut Hasugian SE mengapresiasi dan kebanggaan atas berdirinya SMPN 2 Satu Atap Pantai Cermin ini. "Kami sebagai warga disini menyadari bahwa karena pendidikan itu sangat mahal, sehingga kami berjuang untuk mewujudkan berdirinya sekolah ini, terkait aturan zonasi yang nantinya tidak dapat mengakomodir para siswa dari Pantai Cermin. Kami juga adalah termasuk pembayar pajak terbesar di Sergai," ungkapnya.

Sebelumnya, Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik, MM mengatakan, tujuan diresmikannya SMPN 2 Satu Atap ini adalah untuk memperluas layanan pendidikan, meningkatkan daya tampung sekolah, serta meningkatkan akses pendidikan pada tempat konsentrasi lulusan SD/MI yang terjangkau.

"SMPN 2 Satu Atap Pantai Cermin ini memiliki luas lahan 4.200 M2 yang tergabung bersama SDN 105377 Naga Kisar dengan jumlah pendidik 14 orang dan jumlah siswa generasi pertama 55 orang untuk 2 rombel. Saya selaku Kadis Pendidikan di akhir purnabakti ini merasa sangat bangga dengan jajaran dan para kepala sekolah baik SD maupun SMP dengan segala inovasi serta kesungguhannya, saya berharap inovasi pendidikan terus berjalan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
Izinkan saya menyampaikan kata bijak yang sangat menginspirasi yaitu "Jika sebuah telur dipecahkan oleh kekuatan dari luar, maka kehidupan didalam telur akan berakhir. Namun jika sebuah telur dipecahkan oleh kekuatan dari dalam, maka kehidupan telah lahir dan dimulai," katanya. (mar)
Komentar Anda

Terkini