-->

Sengketa Tanah Pemko Medan, DPRD Desak PU Segera Bongkar

Minggu, 12 Juli 2020 / 17.06
Rombongan Komisi IV DPRD Medan meninjau pembetonan parit di Jalan Ringroad, Medan.
MEDAN, KLIKMETRO - Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan meminta agar Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan segera membongkar beton pengecoran parit dilakukan warga Jalan Ringroad Medan dan mengembalikan tanah sebagai jalur hijau.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi IV Paul Mei Anton Simanjuntak bersama anggota komisi lainnya setelah meninjau sengketa tanah antar warga. Sebelumnya para legislator ini mendapat informasi dari warga, lalu turun ke lokasi bersama rombongan, Sabtu (11/7/2020).

Dipimpin Paul Mei Anton Simanjuntak dari fraksi PDI P, Dame Duma Sari Hutagalung, Gerindra, dan Antonius D Tumanggor Nasdem ke Jalan Industri/ Jalan Ringroad depan Ringroad City Work (RCW).

Komisi IV DPRD mendapati tanah milik Pemko Medan diduga diserobot Gun alias Ac, yang kemudian tanah sekitar 4 X 24 meter itu bersengketa dengan warga sekitar, pemilik rumah Raja Toga Manurung beserta Rosma Br Sinurat.

Menurut Paul, tanah yang membuat ricuh itu diketahui tanah milik Pemko Medan, merupakan jalur hijau, berdasarkan surat keputusan perdata yang sudah inkrah dari Pengadilan Negeri (PN) Medan.

“Dari pinggir parit itu ada 10 meter adalah roilen jalan untuk jalur hijau. Namun oleh Gun tanah itu diklaim miliknya, lalu membangun tembok yang menutup rumah keluarga Raja Toga Manurung br Sinurat,” terangnya.

Kemudian atas parit sudah dicor [dibeton],  berikut beberapa batang pohon yang ditebang oleh Dinas Pertamanan Kota Medan, ditengarai atas permintaan Gun. Paul pun meminta Dinas PU Kota Medan menindak tegas pengecoran atas parit yang dilakukan Gun cs.

Paul mengaku, dirinya telah mendapat laporan dari Dinas DPKPPR Kota Medan, Cahyadi, Gun sudah 2 kali diberi surat peringatan untuk menghentikan kegiatan pembangunan di lahan milik Pemko Medan. Selanjutnya Komisi IV sepakat, masalah ini dibawa ke rapat dengar pendapat [RDP] Senin (13/7/2020). (riz)

Komentar Anda

Terkini