-->

15 Titik Panas di Sumut Tersebar di 6 Kabupaten

Minggu, 16 Agustus 2020 / 22.23
ft/ist.
MEDAN, KLIKMETRO - Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali mendeteksi 15 titik panas (hotspot) di wilayah Sumatera Utara (Sumut). Adapun titik panas tersebut tersebar di 6 Kabupaten.

"Berdasarkan pantauan Sensor Modis Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20 15 titik panas ini dalam kategori sedang," ungkap Kepala Balai Besar Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Edison Kurniawan, Minggu (16/8/2020).

Edison memaparkan, sebanyak 5 titik panas terdapat di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) masing-masing di Kecamatan Batang Angkola (1) titik, Batang Toru (3) titik dan Sidempuan Barat (1) titik. Kemudian Mandailing Natal 3 titik masing-masing di Kecamatan Muara Batang Gadis (2) titik dan Natal (1) titik.

Selanjutnya Kabupaten Tapanuli Utara sebanyak 3 titik di Kecamatan Parmonangan, Tapanuli Tengah 2 titik di Kecamatan Sorkam, Kabupaten Labuhan Batu Utara 1 titik di Kecamatan Aek Natas, serta Kabupaten Toba 1 titik di Kecamatan Borbor.

Sedangkan untuk prakiraan cuaca, Edison menyampaikan, pada pagi hari berpotensi terjadi hujan lokal hingga ringan di sebagian wilayah Pegunungan dan Lereng Timur. Lalu pada siang hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Pantai Timur, Pegunungan dan Lereng Timur.

Selanjutnya pada malam hari berpotensi hujan sedang hingga Lebat yang disertai petir dan angin kencang di wilayah Pantai Barat, Pegunungan, Lereng Timur hingga Pantai Timur. Berikutnya pada dini hari masih berpotensi hingga hujan ringan untuk sebagian wilayah Pegunungan dan Lereng Timur.

"Untuk suhu udara mulai dari 17.0 - 33.0°C dengan kelembapan udara 62 - 97%Angi," jelasnya.

Sementara itu, untuk prakiraan gelombang laut, di Samudera Hindia barat Aceh, Samudera Hindia barat Nias berpotensi gelombang tinggi (2,5 - 4,0 meter). Lalu di Perairan utara Sabang, Perairan Barat Aceh,  Perairan Meulaboh - Sinabang, Perairan Nias - Sibolga berpotensi gelombang Sedang (1,25 - 2,5 meter).

Di Selat Malaka bagian utara, Perairan Sabang - Banda Aceh berpotensi gelombang Rendah (0,5 - 1,25 meter) dan di Perairan Lhokseumawe, Selat Malaka bagian tengah gelombang berpotensi Tenang (0,1 - 0,5 meter). (mt)
Komentar Anda

Terkini