Sinabung Erupsi Lagi, 4 Kecamatan Tertutup Abu

Sabtu, 08 Agustus 2020 / 20.44
Erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.
KARO, KLIKMETRO - Untuk kesekian kalinya, Gunung Sinabung kembali erupsi, Sabtu (8/8/2020) dini hari. Dengan ketinggian kolom abu lebih kurang 2.000 meter mengakibatkan 4 kecamatan di Kabupaten Karo tertutup abu vulkanik.

"Dampak erupsi tersebut membuat Kecamatan Naman Teran, Kecamatan Berastagi, Kecamatan Simpang Empat dan Kecamatan Merdeka tertutup abu vulkanik," kata petugas PVMBG Muhamad Nurul Assori, Sabtu (8/8/2020) siang.

Muhamad Nurul mengatakan bahwa erupsi Gunung Sinabung terjadi pada Sabtu (8/8/2020) sekitar pukul 01.58 WIB dengan tinggi kolom abu teramati lebih kurang 2.000 meter di atas puncak.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur," ucapnya.

Pos PVMBG juga mengimbau kepada warga untuk menggunakan masker atau pelindung diri jika terdampak abu vulkanik. Warga juga diimbau tidak memasuki zonar merah Sinabung karena masih tinggi aktivitas gunung.

"Imbauan warga apabila terdampak abu memakai masker dan pelindung diri," imbau Muhamad Nurul.

Pos PVMBG memperkirakan masih berpotensi erupsi susulan karena saat ini status Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 Km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 Km untuk sektor Selatan-Timur dan 4 km untuk sektor Timur-Utara. (ton)
Komentar Anda

Terkini