6 Jam Hujan, Ribuan Rumah di Binjai Terendam

Rabu, 30 September 2020 / 22.58

Banjir terjadi di Kota Binjai akibat guyuran hujan yang berlangsung selama 6 jam.

BINJAI, KLIKMETRO - Hujan deras selama enam jam yang mengguyur Kota Binjai, mengakibatkan ribuan rumah terendam banjir, Rabu (30/9/2020).

Pantauan di seputaran Jalan Imam Bonjol, Binjai Kota tampak masyarakat berusaha mengeluarkan harta benda mereka yang tertinggal di rumah.
Kepala Lingkungan 3 Kelurahan Setia, Kecamatan Binjai Kota, Siti Harapan Ginting mengatakan, awalnya air yang mengaliri Sungai Bangkatan mulai naik sekitar pukul dua belas malam.

"Tapi tidak lama, debit air sungai turun. Jadi masyarakat tidak khawatir dan kembali masuk rumah masing-masing," kata Siti.

Namun, tambah Siti, sekitar pukul lima pagi, air sungai kembali naik dan menggenangi seluruh rumah yang berada di sepanjang Sungai Bangkatan.
"Banyak warga yang tidak sempat menyelamatkan barang-barang mereka. Mana yang bisa dibawa saja, lainnya tinggal di rumah," ujarnya seraya memperkirakan hujan berlangsung sekitar 6 jam.

Komandan Kompi (Danki) 4 Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Sumatera Utara, Ajun Komisaris Polisi Sardi sewaktu di lokasi banjir menyatakan, pihaknya menurunkan puluhan personil untuk membantu masyarakat yang terimbas banjir.

"Kita hadir untuk membantu evakuasi warga dan barang masyarakat yang tertinggal di dalam rumah," kata Sardi.

Dia menambahkan, setelah menyusuri seluruh rumah yang terdampak banjir, mereka meyakini tidak ada lagi warga yang terjebak di dalam rumah. "Sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, Satuan Brimob Polda Sumut siap kapan dan dimanapun ketika dibutuhkan kehadirannya di tengah masyarakat. Apalagi ini berkaitan dengan bencana alam," ungkapnya. (ci)

Komentar Anda

Terkini