Cegah Covid-19, Kadis P2K Sebut Penyemprotan Disinfektan Lebih Efektif Didalam Ruangan

Jumat, 20 November 2020 / 19.52

Kadis P2K Kota Medan Albon Sidauruk pada temu pers di Posko Satgas Covid-19 Kota Medan.

MEDAN, KLIKMETRO - Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan sudah tak lagi melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah pemukiman penduduk di Kota Medan dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran (Damkar). Hal ini dinilai tidak efektif untuk memutus mata rantai penyebaran coronavirus disease 2019 (covid-19).

"Penyemprotan disinfektan di luar ruangan semisal di luar rumah, di jalan-jalan umum dan tempat terbuka lainnya sudah tidak efektif lagi. Lebih baik dilakukan penyemprotan di dalam ruangan,"kata Kadis P2K Kota Medan Albon Sidauruk pada temu pers di Posko Satgas Covid-19 Kota Medan, Jalan Petisah, Jumat (20/11/2020).

Albon menyebutkan, dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan pakar medis bahwa virus Corona ini hanya bisa bertahan hidup di udara dingin dengan suhu 20 derajat Celcius, sementara di luar ruangan semisal di luar rumah dengan suhu matahari mencapai 30-an derajat Celcius. 

"Jadi virus itu tidak bisa bertahan hidup pada suhu yang panas. Oleh karena itu masyarakat lebih dianjurkan untuk berolahraga di ruang terbuka (outdoor) atau berjemur di panas matahari pagi. Makanya, sekarang ini kita (P2K) fokus penyemprotan di dalam ruangan," katanya menambahkan, penyemprotan disinfektan akan lebih ampuh jika dilakukan di dalam ruangan baik di dalam rumah, terkhusus kamar tidur yang dilengkapi dengan alat pendingin ruangan (AC) mapun ruangan perkantoran yang memiliki AC hidup lebih dari 12 jam. 

Albon Sidahuruk yang juga salah seorang penyintas Covid-19 menceritakan pengalamannya saat terkonfirmasi Covid-19, dia mendapatkan pelayanan kesehatan maksimal dari Puskesmas. Demikian pula dengan anggota keluarga lainnya serta tetangganya mendapat pantauan penuh dari Puskesmas saat melakukan isolasi mandiri. 

Dia juga mengimbau masyarakat tidak perlu takut datang ke Puskesmas untuk berobat apabila terindikasi terpapar Covid-19. "Jangan takut berobat apalagi menyembunyikan apabila diri atau keluarga kita terpapar Covid-19, segera berobat ke Puskesmas," imbaunya.

Albon mengingatkan agar masyarakat Kota Medan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam aktifitasnya sehari-hari. Menerapkan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun dan Menjaga jarak), juga melakukan penyemprotan disinfektan di dalam ruangan baik rumah maupun perkantoran sebagai cara ampuh untuk penanganan Covid-19.

"Pakai masker jika beraktifitas di luar rumah, cuci tangan pakai sabun atau handsanitizer dengan air mengalir dan menjaga jarak serta menghindari keramaian atau kerumunan massa. Kita berharap semoga covid-19 ini segera berakhir jika masyarakat disiplin prokes,''pungkasnya. (mar)


Komentar Anda

Terkini