Pjs Wali Kota Jadi Irup Upacara Pembukaan Bakti Sosial Peringati 75 Tahun Korps Marinir

Kamis, 26 November 2020 / 20.32

Pjs Walikota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT jadi irup di Pembukaan Bakti Sosial Peringatan 75 Tahun Korps Marinir.

MEDAN, KLIKMETRO - Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT menjadi inspektur upacara (irup) dalam upacara pembukaan bakti sosial dalam rangka memperingati 75 Tahun Korps Marinir, yang mengusung tema, “Bersinergi Mengawal NKRI Menuju Indonesia Maju” di halaman Markas Yonmarhanlan I Belawan, Kamis (26/11/2020). Diharapkan, Korps Marinir semakin jaya di masa mendatang. 

Bakti sosial yang digelar melaksanakan sejumlah kegiatan, seperti sunat massal yang melibatkan 115 orang anak, donor darah, pemeriksaan bibir sumbing, pemberian kacamata baca, alat bantu dengar, pengukuran kaki palsu serta pemberian bingkisan kepada masyarakat yang mengikuti bakti sosial tersebut.

Sebelum menjadi irup, Pjs Wali Kota setibanya di Markas Yonmarhanlan I Belawan, langsung disambut Danyon Marhanlan I Belawan Letkol Mar Farick dengan memberikan jaket serta topi Korps Marinir yang diiringi yel-yel khas Korps Marinir. 

Dalam arahan singkatnya, Pjs Wali Kota mengatakan tanpa terasa tahun 2020 ini, Korps Marinir merayakan hari ulang tahunnya yang ke-75. Itu berarti, sudah 75 tahun Korps Marinir berbakti dan mengabdi demi menjaga kedaulatan setiap jengkal tanah NKRI tercinta. 

Dikatakan Pjs Wali Kota, Korps Marinir menjadi salah satu yang paling menonjol kiprahnya di tengah masyarakat. Itu sebebnya, banyak generasi muda yang bermimpi dan bercita-cita untuk bisa menjadi bagian dari Korps Marinir. “Hal ini wajar karena Korps Marinir tidak hanya handal dalam kemampuan tempur, tetapi juga dekat dengan masyarakat di mana pun mereka berada,” kata Pjs Wali Kota.

Selanjutnya, Pjs Wali Kota sangat mengapresiasi Korps Marinir yang melaksanakan kegiatan bakti sosial, sebagai wujud rasa syukur atas bertambahnya usia Korps Marinir. Di samping itu juga, sebagai bentuk nyata kepedulian terhadap kondisi dan fenomena yang terjdi di tengah masyarakat, terutama di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Akibat pandemi Covid-19, jelas Pjs Wali Kota, semakin banyak masyarakat yang membutuhkan uluran tangan menyusul semakin sulitnya kehidupan saat ini. “Bakti sosial ini merupakan salah satu perwujudan nyata dari semangat menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia,” ungkapnya.

Di penghujung arahannya, Pjs Wali Kota berharap agar Korps Marinir semakin jaya di masa mendatang. Guna mewujudkan hal tersebut, dia mengajak untuk mampu terus berjuang demi membangun jiwa dan raga bangsa ini. 

“Segala upaya yang telah kita lakukan akan sangat berarti bagi kemajuan bangsa Indonesia di masa mendatang,” katanya seraya berharap agar kemanunggalan antara TNI dengan rakyat semakin solid, sehingga NKRI akan senantiasa terjaga dari segala bentuk ancaman yang datang dari dalam mau pun luar negeri. 

Sementara itu, menurut Danyon Marhanlan I Belawan Letkol Mar Farick, kehadiran Pjs Wali Kota sekaligus menjadi irup dalam upacara pembukaan bakti sosial merupakan kebanggaan, sebab di tengah kesibukan kerja masih meluangkan waktu untuk hadir di sarang petarung Yonmarhanlan I Belawan. “Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran sekaligus membuka kegiatan bakti sosial,” ujar Danyon Marhanlan.

Kepada Pjs Wali Kota, Danyon Marhanlan menjelaskan, bakti sosial terselenggara berkat kerja sama Yonmarhanlan I Belawan dengan Forum Silaturahmi Lintas Angkatan Smansa Medan, YSKI, Sahabat Marinir serta selalu berkoordinasi dengan Pemko Medan melalui Kecamatan Medan Belawan. “Bulan kemarin kami juga mengadakan Bersih Sampah di setiap kelurahan dan memberikan hadiah,” jelasnya.

Usai Danyon Marhanlan menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Pjs Wali Kota, bersamaan dengan itu mengumandang lagu Selamat Ulang Tahun  yang dinyanyikan oleh salah seorang marinir diiringi musik. Kemudian, Danyon Marhanlan mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-56 kepada Pjs Wali Kota. “Kami tahu, besok Bapak Pjs Wali Kota ulang tahun, tapi kami mengucapkan hari ini,” ujarnya.

Pjs Wali Kota pun tampak terharu, sebab tidak menyangka jika Danyon Marhanlan I Belawan beserta jajarannya ingat hari lahirnya sekaligus memperingatinya dengan sederhana. Belum lagi hilang rasa harunya, sejumlah prajurit selanjutnya mengangkat Pjs Wali Kota dan mengarak-araknya di sekitar lokasi upacara. 

Kemudian Pjs Wali Kota bersama Danyon Marhanlan meninjau lokasi bakti sosial. Terakhir, Pjs Wali Kota menuliskan kesan dan pesan kepada Yonmarhanlan I Belawan. Dalam kesan dan pesannya yang ditulis langsung, Yonmarhanlan I Belawan diharapkan terus berkarya dan menjaga NKRI.(rel) 

Komentar Anda

Terkini