-->

Terkonfirmasi Covid-19 di Medan 6.764 Orang, Medan Selayang Tertinggi Kasus

Senin, 02 November 2020 / 18.47

Data Covid-19 di Kota Medan.

MEDAN, KLIKMETRO - Hingga saat ini, Pemerintah Kota Medan terus gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran coronavirus disease 2019 (covid-19). 

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Kota Medan, Senin (2/10), jumlah warga Medan yang terkonfirmasi covid-19 sebanyak 6.764 orang. Dinyatakan sembuh 5025 orang, dirawat 1.442 dan meninggal 297 orang. 

Dari 21 kecamatan yang ada di Kota Medan, Kecamatan Medan Selayang tertinggi kasus terkonfirmasi covid-19. Jumlah kasus 611, terdiri dari 494 sembuh, dirawat 95 dan meninggal 22. 

Jubir Satgas Covid-19 Medan, Mardohar Tambunan memaparkan, sedangkan untuk yang suspek Covid 19, per Minggu (1/11/2020), jumlahnya mencapai 9.306. "Sedangkan jumlah pasien yang sudah pulang mencapai 8.783. Sedangkan masih dirawat berjumlah 293. Meninggal sebanyak 391," katanya saat konfrensi pers dengan wartawan, Senin (2/11/2020).

Lanjutnya lagi, per 13 Oktober 2020 lalu, jumlah jenazah yang dimakamkan di TPU khusus Covid-19, Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan mencapai 567 jenazah. Dari jumlah tersebut, sebanyak 425 orang merupakan warga Kota Medan. Sedangkan sisanya dari luar daerah.

"Ini bukan data terbaru. Ini data pertanggal 13 Oktober. Jumlah jenazah yang dimakamkan di TPU Simalingkar B yakni 567," ujarnya. 

Mardohar menambahkan, di Kota Medan tingkat penyebaran Covid-19 sendiri grafik penyebarannya mulai menurun. Di bulan September tingkat penyebarannya mencapai 55 orang per hari. Sedangkan di Oktober menjadi 44 orang per hari.

Hal ini dikarenakan tingat kesadaran masyarakat sudah mulai tinggi. Terlebih lagi, bagi mereka keluarganya yang sudah terkena. "Kami juga terus memberikan sosialisasi dan edukasi bagi seluruh lapisan masyarakat agar tetap mengedepankan protokol kesehatan. Selain itu, masyarakat yang terkena Covid-19 semakin terlayani. Sehingga grafik mereka yang sembuh terus meningkat," tambahnya.

Terpisah, Kasie Trantib Kecamatan Medan Selayang Bantiar Damanik, memaparkan upaya Satgas Covid Kecamatan Selayang dalam memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

"Kami dari Satgas Covid 19 Kecamatan Medan Selayang terus melakukan sosialisasi baik itu razia masker kepada masyarakat yang berada di luar rumah maupun pemilik usaha. Khusus pemilik usaha kami juga mengecek kelengkapan protokol kesehatan yang ada di lokasi usahanya, mulai dari tersedianya tempat cuci tangan atau hand sanitizer, Thermo gun, jarak antar tempat duduk pengunjung dan lain sebagainya," terangnya.

Selain itu, Bantiar juga mengatakan, Satgas Covid 19 Medan Selayang juga meminta bantuan dan dukungan kepada seluruh pihak terutama Satpol PP Kota Medan dalam melakukan penertiban kepada masyarakat. 

Karena menurut pengalaman di lapangan, tambah Bantiar, keberadaan Satpol PP ketika penertiban dapat menimbulkan kesadaran bagi masyarakat. "Sampai hari ini ada 6 kelurahan se Medan Selayang yang terus kami berikan sosialisasi, namun kami sangat mengharapkan dukungan pihak Satpol PP yang menjadi aparat penegak Perda agar lebih memberikan efek jera kepada warga," harapnya.(mar/trs)

Komentar Anda

Terkini