-->

Sinabung Erupsi Lagi, Warga dan Wisatawan Diimbau Waspada

Minggu, 03 Januari 2021 / 16.02

Erupsi Gunung Sinabung. Ft/ist

KARO, KLIKMETRO - Warga dan para wisatawan yang berada di seputaran Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara dikejutkan kembali erupsi Gunung Sinabung pada Minggu (3/1/2021) pagi pukul 09.34 wib.

Dalam erupsi tersebut diperikrakan tinggi kolom abu teramati lebih kurang 1.000 meter di atas puncak atau sekitar 3.460 meter di atas permukaan laut.

Berdasarkan pantuan dari Pos Pengamatan Gunung Sinabung Badan Geologi dan PVMBG, kolom abu terlihat berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut.

Kepala Pos Pantau Gunung Api Sinabung Armen Putra pada Wartawan mengatakan, Gunung Sinabung berada pada status tingkat III atau siaga.

Amplitudo guguran awan panas Gunung Sinabung, tercatat 55 mm dan berdurasi 142 detik.

"Masyarakat, pengunjung dan wisatawan diimbau tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi. Warga juga harus menjauh dan tidak berada di radius 3 km dari puncak Gunung Sinabung," katanya.

Dia juga meminta seluruh masyarakat yang berada di dekat Gunung Sinabung, untuk memakai masker bila keluar rumah, untuk mengurangi risiko dampak kesehatan dari abu vulkanik. (mt/mar)


Komentar Anda

Terkini