-->

Camat Tuntungan, Lurah dan Satker PJN 4 Kementrian PUPR Berkolaborasi Atasi Banjir Simpang Selayang

Sabtu, 05 Juni 2021 / 14.34

Plt Camat Medan Tuntungan Harry Indrawan Tarigan bersama tim dan Satker PJN 4 Kementrian PUPR meninjau lokasi banjir di Simpang Selayang.

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Camat Medan Tuntungan dan Lurah Simpang Selayang berkolaborasi dengan Satker PJN 4 Kementrian PUPR setelah mendapat laporan dari kepling setempat tentang banjir dan genangan yang terjadi Rabu pagi (2/6/2021) di Jalan Jamin Ginting km 10.

Plt Camat Medan Tuntungan Harry Indrawan Tarigan S. STP bersama sekretaris camat Mantius Mandrofa SH, Plh kasi Trantib Kecamatan Juan V. Lingga. S. Sos. berserta jajarannya didampingi Lurah Simpang Selayang Albena Boang Manalu S.STP, M.SP Satker PJN.4 Kementrian PUPR langsung turun ke lokasi meninjau keadaan di lapangan.

Gerakan cepat mengatasi banjir segera dilakukan dengan melaksanakan pengerjaan parit crossing di Jalan Jamin Ginting km 11. 

Faisal, kordinator Satker memaparkan, selain melakukan pencucian parit sepanjang Jalan Jamin Ginting, akan dirancangkan pembenahan elevasi dan perbaikan gorong-gorong untuk diproses tahun depan.

Sementara Plt Camat Medan Tuntungan menyebutkan, elevasi parit yang kurang baik adalah penyebab utama sehingga parit sangat minim dalam hal menampung dan mengalirkan air apabila terjadi pada kondisi curah hujan yang tinggi. 

“Kontur parit di km.10 ini berbentuk cekungan, sebenarnya air tetap mengalir tapi alirannya sangat lambat karena masalah elevasi yang perlu dibenahi dan ada trouble di gorong-gorong perbatasan kelurahan sehingga apabila curah hujan tinggi maka kondisinya air cepat penuh dan meluber ke jalan,” kata Harry.

parit ini nantinya berfungsi untuk mengalirkan air dari parit utama Jalan Jamin Ginting. “Kita harapkan dengan adanya parit ini maka dapat mengurangi debit air yang akan melalui Jalan Jamin Ginting km 10. Sehingga nantinya, sekalipun pada kondisi curah hujan yang tinggi maka debit air di jalan ini dapat dikontrol dengan adanya parit yang sedang kita buat ini,''ujarnya seraya menambahkan, hal ini adalah langkah dan solusi yang sudah disampaikan oleh lurah dan tim nya. 

"Ini lah yang diinstruksikan oleh Bapak Walikota Medan agar semua berkolaborasi dan bekerja sama dengan baik sehinggĂ  tugas-tugas kita sebagai pelayan masyarakat dapat berjalan dengan baik,”kata Harry.

Di kesempatan sama, Lurah Simpang Selayang berterimakasih kepada camat atas reaksi cepat sehingga permasalahan banjir segera teratasi.

“Kami sangat berterima kasih pada Pak Camat, karena pemasalahan ini sudah terjadi dalam kurun waktu yang lama. Ada beberapa solusi yang kami ajukan untuk mengatasi permasalahan ini secara permanen yaitu pembenahan elevasi, perbaikan gorong-gorong crossing dan pembuatan parit di Jalan Jamin Ginting km 11. Hal yang tadi itu harus segera dilaksanakan diluar pengangkatan sedimen dan pembersihan parit yang rutin kami sudah lakukan setiap minggunya bersama jajaran kepling, P3SU dan warga,'' kata Albena Boang Manalu. 

Lanjutnya lagi, mengapa pengangkatan sedimen harus rutin dilakukan? "Karena kontur parit di titik ini yang cekung (seperti kuali) ini menyebabkan mudahnya terjadi penumpukan sedimen,” jelas lurah ini. ((hotlan)

Komentar Anda

Terkini