-->

SMP Negeri di Binjai Kutip Uang Baju, Kadisdik Akan Panggil Semua Kepala Sekolah

Sabtu, 17 Juli 2021 / 16.11

SMP negeri di Binjai mengutip uang seragam dan atribut sekolah kepada siswa baru.

BINJAI, KLIKMETRO.COM - Adanya pengutipan uang seragam sekolah terhadap siswa di SMP Negeri di Kota Binjai yang besarnya bervariasi sekitar Rp 350.000, Rp 375.000 hingga Rp 750.000 meresahkan kalangan orangtua maupun wali siswa.

Ketika hal ini dikonfirmasi wartawan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Binjai Sri Ulina Ginting SPd, Sabtu (17/7/2021) di Binjai, dia mengatakan tak tahu adanya pengutipan tersebut.

"Saya akan memanggil semua Kepala Sekolah Tingkat SMP yang telah memungut uang perlengkapan seragam sekolah tersebut, mulai dari kepala sekolah SMP Negeri 1 sampai Negeri 15 terkait kutipan uang baju,"kata Sri Ulina Ginting.

Sejumlah Kepala Sekolah membenarkan bahwa ada melakukan pengutipan dari orangtua dan wali murid Sebesar Rp 350.000(Tiga Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) dengan dalih uang perlengkapan sekolah. Sejumlah uang tersebut untuk membayar perlengkapan sekolah, seperti baju olahraga, celana training olahrag , topi, dasi, atribut sekolah dan lainnya.

Pembayaran uang peralatan tersebut ditagih pada saat Pendaftaran ulang siswa baru pada Tanggal 7 - 14 Juli Tahun 2021 Lalu di masing masing Sekolah Menengah Pertama Negeri(SMP Negeri) di Kota Binjai.

Sejumlah orangtua murid mengaku sangat keberatan atas kutipan uang perlengkapan yang dinilai sangat mahal dan membebani tersebut. Apalagi saat ini situasi masih dalam bencana pandemi Covid-19, sekolah belum memberlakukan pembelajaran tatap muka.

"Kami para orangtua murid sangat berharap Agar Walikota Binjai Drs Amir Hamjah dapat segera meminta para kepala sekolah untuk mengembalikan uang perlengkapan yang telah dikutip itu karena dinilai sangat mahal dan membebani keuangan kami. Apalagi saat ini situasi masih pandemi covid yang sangat mengganggu roda perekonomian,"kata Surbakti, orangtua siswa. (Hot) 

Komentar Anda

Terkini