-->

Tim Perpustakaan DS Tinjau Perpustakaan Desa Medan Estate, Pernah Berprestasi di Tingkat Nasional

Rabu, 14 Juli 2021 / 21.52

Kadis Perpustakaan Deli Serdang Misran Sialoho didampingi Kades Medan Estate Asdat Lubis dan Sekdes Rusmiati serta Kabid Pembinaan Marah Muda Pulungan.

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Deli Serdang Misran Sialoho MSi bersama rombongan meninjau kondisi perpustakaan  di Desa Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan, Rabu (14/7/2021) sekira pukul 10.30 wib.

Kedatangan rombongan kadis ini diterima oleh Kepala Desa Medan Estate Asdat Lubis didampingi Sekdes Rusmiati dan staf desa serta Ketua Forum Komunikasi Dini Masyarakat Kecamatan Percut Sei Tuan Ir Ton Safrudin.

Misran Sialoho memaparkan, kedatangan tim untuk melihat langsung kondisi dan situasi perpustakaan Desa Medan Estate yang pernah meraih berbagai juara, baik di tingkat kabupaten, propinsi maupun nasional.

"Dalam waktu dekat kami akan memasok buku-buku agar lebih banyak lagi dan menambah wawasan. Selain itu kami juga akan membuat kegiatan untuk Meningkatkan daya minat pembaca, khususnya bagi warga di desa ini,"kata Misran.

Dia menambahkan, petugas untuk melayani termasuk karyawan dan karyawati harus disiapkan guna menangani buku-buku serta pengunjung yang hadir ke perpustakaan. 

"Saya bersama rombongan datang kemari setelah mendapat laporan dari staf-staf di Dinas Perpustakaan, bahwa ada desa yang telah pernah meraih juara dalam beberapa kali perlombaan yakni Desa Medan Estate. Namun belakangan ini diketahui tidak banyak progresnya dan kurang berfungsi, bahkan minat baca menurun. Sehingga saya tertarik turun langsung melihat apa kendala dan penyebab vakumnya perpustakaan ini,"ujarnya.

Menanggapi itu, Kades Asdat Lubis bersama Sekdes Rusmiati memaparkan, menjelaskan secara garis besar kronologis dan tindakan serta persiapan yang dilakukan pemerintah desa selama ini sehingga berhasil menjadi juara V di kancah nasional dan juara I di tingkat propinsi. "Tidak sedikit anggaran maupun biaya agar kami bisa meraih prestasi sampai ke tingkat Nasional mewakili Kabupaten Deli Serdang. Kendala saat ini adalah anggaran, karena harus dilakukan berbagai inovasi untuk menarik minat pembaca berkunjung ke perpustakaan," papar Rusmiati.

Setelah mendengar penjelasan pihak pemerintah desa, kadis menyebutkan akan segera mungkin mengatasi kendala yang dialami. 

Selanjutnya rombongan Dinas Perpustakaan yang menggunakan mobil Dinas Perpustakaan Keliling ini pun melanjutkan perjalanan meninggalkan Desa Medan Estate setelah menurunkan beberapa buku untuk tambahan di Perpustakaan Desa Medan Estate.(LBS)

Komentar Anda

Terkini