-->

Jumat Bersih Antisipasi Banjir, Lurah dan Warga Bersihkan Parit di Perumnas Mandala

Sabtu, 07 Agustus 2021 / 04.07

Lurah Kenangan Baru Rizal Arifin SSTP MSP didampingi Seklur Rajin Tarigan dan kepling membersihkan areal parit yang penuh tumpukan sampah di kawasan Perumnas Mandala. 

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Mengantisipasi terjadinya banjir di kawasan Perumnas Mandala, Kelurahan Kenangan Baru, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Lurah Kenangan Baru menggelar aksi jumat bersih bersama warga dengan membersihkan parit-parit, Jumat (6/8/2021).

Kegiatan gotong royong ini dilakukan untuk menjaga kemungkinan terjadinya banjir. Apalagi belakangan ini cuaca ekstrim, sehingga rentan terjadi genangan air di kawasan pemukiman yang padat penduduk tersebut.

"Perumnas Mandala ini tergolong kawasan rendah, sehingga jika hujan, airnya langsung menggenangi jalanan. Parit-paritnya selalu tersumbat karena warga sering buang sampah sembarangan, sehingga menumpuk di parit dan menghambat saluran jika terjadi hujan,"kata  Lurah Kenangan Baru Rizal Aripin SStp.MAp didampingi Seklur Rajin Tarigan dan staf serta kepala lingkungan.

Dikatakan lurah, kegiatan ini rutin dilakukan setiap jumat. "Ini kegiatan rutin, namanya Jumat Bersih. Jadi setiap hari jumat, kita melakukan gotong royong membersihkan kawasan yang rentan terjadi genangan air,"ujarnya.

Adapun kegiatan ini melibatkan unsur kelurahan dibantu oleh kepala lingkungan dan warga sekitar. Gotong royong dimulai pukul 08.30 wib dan berakhir sekira pukul 10.30 wib hingga pukul 11.00 wib. 

Amatan wartawan, lurah tak hanya mengatur pekerjaan, namun juga ikut andil membersihkan. Sejumlah kepala lingkungan juga turut ambil bagian menyapu, mengangkat sampah dan mengorek parit. Baju mereka tampak basah dengan keringat, wajah mereka pun berpeluh.

Saat ditanyai wartawan, mereka mengaku salut dengan kepemimpinan lurah yang mau meluangkan waktu untuk bergotong royong dengan masyarakat. "Kalau ditanya capek, ya capeklah. Tapi kami tetap semangat karena pimpinan kami pun tampaknya semangat bekerja. Dia ikut serta mengangkati sampah dan mengorek parit. Semoga dengan kegiatan jumat bersih ini, tak ada lagi banjir di Kelurahan Kenangan Baru,"bilang mereka. (LBS)

Komentar Anda

Terkini