Hujan Semalaman 'Rendam' Kota Medan

Minggu, 31 Oktober 2021 / 22.26
Jalan Air Bersih di persimpangan Gang Rela, Kecamatan Medan Kota, tergenang banjir. (Maria/klikmetro)

Kondisi Jalan Letda Sujono yang tergenang akibat guyuran hujan deras. (Adi/klikmetro)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Kepanikan terjadi saat hujan lebat melanda Kota Medan, Sabtu malam (30/10/2021). Jalanan tergenang hampir di seluruh ruas jalan, khususnya di Kecamatan Medan Kota. Bahkan airnya memasuki rumah-rumah warga. Warga pun panik dan sibuk menyelamatkan barang-barangnya dari genangan air yang merembes masuk ke rumah.

Setidaknya pemandangan inilah yang didapati wartawan di Jalan Pelajar, Jalan HM Jhoni, Jalan Air Bersih, kawasan Medan Area, Jalan Letda Sujono, Jamin Ginting dan banyak lagi. Hujan deras mulai mengguyur sejak pukul 20.30 wib. Namun sekira pukul 22.00 wib, air sudah naik dan menggenangi jalanan hingga sebetis orang dewasa. Hingga dinihari, hujan masih mengguyur meski hanya rintik-rintik.

Seperti di Jalan Air Bersih, genangan air yang memasuki rumah membuat warga panik. Bahkan seorang anak kos mengalami kerugian satu unit laptop lantaran terendam air. Sedangkan rekan sekosnya terpaksa 'gigit jari' karena springbed nya 'tenggelam' disebabkan air masuk hingga semata kaki di rumah kos yang berada di Gang Rela, Air Bersih, Kecamatan Medan Kota tersebut. 

"Hajab kali hujan kali ini, airnya masuk ke rumah setinggi mata kaki. Kebetulan laptop kuletak di lantai, aku di luar belum bisa pulang karena hujan deras. Pas pulang terkejut aku liat laptopku sudah terendam. Sedangkan teman disamping kamarku tempat tidurnya terendam air,"sebut Maria, anak kos di Gang Rela.

Sedangkan di Jalan Letda Sujono, lalu lintas terganggu akibat genangan air. Warga berharap Pemerintah Kota Medan segera merespon keluhan yang sudah bertahun tahun mereka rasakan.

Informasi yang dihimpun letda Sujono adalah salah satu jalan menuju pusat kota Medan dimana salah satu jalan yang bisa menuju kota Medan setelah keluar dari pintu Tol terdekat menuju kota Medan adalah dari Jalan letda Sujono. Banyak pejabat pemerintah bahkan Presiden RI pun jika hendak berkunjung ke kota Medan salah satunya melalui Jalan Letda Sujono.

Salah satu warga bernama Iwan mengatakan warga sudah tak dapat lagi mengatakan apapun lantaran banjir yang ada di Jalan Letda Sujono ini sudah bertahun tahun tanpa ada solusi apapun. 

"Abang lihat lah sendiri banjir nya, aku ngak tahu apa yang dikerjakan pemerintah untuk mengatasi banjir ini bang, bertahun tahun sudah kami mengalami banjir ini tapi tak pernah ada solusi yang kami lihat untuk jalan letda Sujono terbebas dari banjir," katanya. (mar/di)


Komentar Anda

Terkini