-->

Viral, Maling Wanita Diarak, Kepala Pasar di Medan Dicopot

Rabu, 10 November 2021 / 20.00

Screen shot video netizen terkait wanita diduga maling diarak di Pusat Pasar Medan. (f-net)

MEDAN, KLIKMETRO.COM – Direksi PUD Pasar Medan menindak tegas jajarannya setelah viralnya video wanita diduga maling diarak di Pusat Pasar, Medan. Direksi pun mencopot kepala pasar tersebut.

Selain kepala pasar, direksi merotasi sejumlah jabatan pengelola pasar setempat. Bonar Manganar Pasaribu dari Kepala Pusat Pasar menjadi staf Usaha/Perizinan digantikan oleh Khairul Azhar Daulay dari Kepala Bagian Kepegawaian

Dirut PUD Pasar Suwarno mengatakan mutasi ini dilakukan guna kelancaran tugas serta untuk kepentingan PUD Pasar Medan.

“Ini juga dalam rangka pendayagunaan tenaga karyawan secara efektif dan efisien,” kata Suwarno, dikutip Rabu (10/11/2021).

Suwarno menyampaikan terima kasih kepada para pejabat lama atas dedikasi yang diberikan selama ini. Kepada pejabat baru, dia berpesan bahwa tugas berat telah menanti.

Para pejabat baru harus lebih menggali kreatifitas dan berinovasi demi kemajuan dan kejayaan PUD Pasar Medan.

Selain itu, Suwarno tak menepis bahwa rotasi ini buntut dari viralnya seorang terduga pelaku pencurian yang diarak di Pusat Pasar. Ia berpesan agar ke depan peristiwa serupa tidak terulang.

Para pejabat dan karyawan PUD Pasar diminta hati-hati dalam bertindak. Sebab, niat yang baik terkadang justru berefek buruk lantaran cara yang kurang tepat. Terlebih sampai menyebar di media sosial (medsos).

“Rotasi ini tidak ada sentimen apapun. Saya minta ke depannya perkuat koordinasi dari kapas, kacab, hingga direksi. Jadi sekecil apa pun masalah di bawah secepatnya diberikan informasi agar tidak ada peristiwa serupa terulang lagi,” jelasnya.

Selain Kepala Pusat Pasar yang dicopot, Suwarno merotasi beberapa orang lainnya. Mereka yang dicopot antara lain Irwan dari Kepala Bagian Penertiban digeser sebagai staf Pasar Titi Kuning. Salman Teguh dari Kasubbag Perawatan menjadi Kepala Bagian Penertiban. Silvia Hariani dari staf Pasar Pendidikan menjadi Kepala Bagian Kepegawaian.

Kemudian, Suhendrik dari staf Subbag Perawatan menjadi Kasubbag Perawatan. Benny Azhar dari anggota penertiban menjadi Ketua Regu Jaga Malam Pasar Pusat Pasar. Yunan Syukur Harahap dari Ketua Regu Jaga Malam Pasar Pusat Pasar menjadi anggota penertiban patroli.

Hendry Gunawan Simarmata dari anggota penertiban menjadi anggota penertiban patroli dan Okto Dhaniansyah dari Pengutip Pasar Padang Bulan menjadi anggota penertiban patroli.

Sebelumnya, video seorang wanita diarak keliling pasar di Kota Medan karena disebut mencuri ramai beredar. Pihak pengelola pasar langsung turun tangan menyelidiki kasus tersebut.

Dilihat , Senin (8/11/2021), wanita yang diduga mencuri itu mengenakan kaus merah dan celana pendek. Wanita itu diberi kalung tali dengan kertas bertuliskan ‘Saya Maling’.

Seorang lelaki memberi perintah kepada perempuan tersebut melalui pengeras suara. Sementara orang-orang di pasar melihat dan merekam peristiwa tersebut.

“Kau bilang!” kata pria menggunakan pengeras suara itu.

“Aku ambil tas, khilaf aku,” jawab wanita itu.

Setelah dijawabnya, pria lain berkemeja putih dengan tas selempang ikut menghardik. Dia tak terima perempuan itu mengucap khilaf.

“Jangan pakai khilafnya, bilang aja aku tadi maling tas, gitu udah,” ucap pria berkemeja putih dengan nada tinggi.

Perempuan itu menangis ketika terus diarak. Bajunya dipegang, tangan diikat. Dia berjalan sambil berucap bahwa dia maling.

“Pak, tolong, Pak, aku maling. Pak, tolong, Pak,” ucap ibu itu sambil menangis saat diarak.

Pengunggah menuliskan bahwa peristiwa itu terjadi di Pusat Pasar, Medan Kota. Pengunggah menyebut seorang ibu ketahuan mencuri tas di sebuah toko, dan akhirnya diarak oleh pemilik toko pada 5 November 2021.

Dirut PUD Pasar, Kota Medan, Suwarno, menyesalkan terjadinya peristiwa itu. Dia berjanji bakal menyelidiki keterlibatan orang-orang di dalam video itu.

“Kami sangat menyesalkan dengan terjadinya peristiwa seperti video yang beredar. Kami akan melakukan penyelidikan untuk mencari tahu seperti apa keterlibatan orang-orang di dalam video,” ucap Suwarno dimintai konfirmasi.

Selain itu, Suwarno berjanji bakal menindak jika anak buahnya terlibat. Dia bakal memberikan sanksi tegas terhadap siapa yang terlibat di video itu.(dtc)

Komentar Anda

Terkini