-->

277 Warga Binaan Terima Remisi Natal 2021, 4 Langsung Bebas

Sabtu, 25 Desember 2021 / 23.15

Kepala Rutan Kelas I Tanjung Gusta Theo Andrianus Purba. (f-putra/klikmetro)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Kepala  Rumah Tahanan Negara (Karutan) Kelas I Tanjung Gusta Medan, Theo Adrianus Purba mengungkapkan, sebanyak 277 warga binaan beragama kristen menerima remisi khusus Natal 2021.

“Sebanyak 277 warga binaan beragama kristen menerima remisi Natal 2021,” ujar Karutan Kelas I Tanjung Gusta Medan, Theo Adrianus Purba pada wartawan, Sabtu (25/12/2021).

Dikatakan Theo, dari 277 orang warga binaan penerima remisi, 4 orang diantaranya mendapat remisi bebes. Kini mereka telah dikeluarkan dari Rutan dan kembali kerumah keluarganya masing-masing.

Menurut Theo, remisi Natal merupakan hak narapidana yang telah memenuhi syarat administratif dan substantif sesuai peraturan perundang-undangan. 

Menurut Theo, pemberian remisi ini, diharapkan dapat  meningkatkan kesadaran bagi penghuni Rutan yang kini masih dihuni sebanyak 4.639 orang, sedangkan warga binaan yang telah bebes, bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Semoga setelah bebasnya ke 4 orang, warga binaan Rutan Kelas 1 Tanjung Gusta Medan, yang masing-masing mempunyai latar belakang berbeda tersebut, kita berharap mereka bisa kembali lagi berbaur kepada masyarakat dilingkungannya. Terutama kepada keluarganya,”harapnya.

Ditegaskan Theo, setelah keluar dari sini, diharapkan, mereka tidak akan kembali lagi kesini, untuk menjadi warga binaan di Rutan Tanjung Gusta ini, jika masih kembali lagi ke sini, itu namanya tidak ada perubahan.

Ditanya terkait over kapasitas, Theo hanya tersenyum. la menjawab itu soal biasa, tidak ada persoalan, dan jangan dipersoalkan, yang penting bagaimana para warga binaan yang saat ini jumlahnya sebanyak 4.639 merasa nyaman selama menjalani sisa hukumannya.

“Seharusnya muatan Rutan ini, dihuni sebanyak 1.250 orang, tapi sekarang semua warga binaan jumlahnya ada sebanyak 4.639 orang, tapi mereka merasa nyaman, tidur masih bisa berbaring,” jelas Theo.

Dia menambahkan, pihaknya harus pandai-pandai memberikan pelayanan kepada warga binaan. Seperti memperhatikan makan, minum dan kesehatan mereka

“Kalau mereka merasa aman dan nyaman, mudah-mudahan mereka akan tertip dan nurut apa yang kita katakan,”bilang Theo sembari tersenyum.

Di akhir pertemuan dengan wartawan, Theo, menyampaikan mohon maaf lahir dan batin. “Saya Theo Adrianus Purba, selaku Kepala  Rumah Tahanan Negara (Karutan) Kelas I Tanjung Gusta Medan mohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Natal 2021 dan Tahun Baru 2022,”bilangnya. (put)

Komentar Anda

Terkini