-->

Camat PS Tuan Instruksikan Kades dan Lurah Segera Bentuk Bank Sampah

Kamis, 30 Desember 2021 / 21.46

Kasi Kebersihan Kecamatan Percut Sei Tuan Romi Surya Darma saat melakukan patroli sampah di pinggiran jalan. (f-lubis/klikmetro)

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Persoalan sampah di Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang hingga saat ini belum teratasi. Hal ini dikarenakan beberapa hal, diantaranya masih minim kesadaran masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dan minimnya mobil pengangkut sampah.

Mengatasi persoalan ini, Camat Percut Sei Tuan Ismail SSTP MSP menginstruksikan agar para kepala desa dan kelurahan menyediakan bank sampah. Keberadaan bank sampah dapat memberi manfaat untuk masyarakat. Selain lingkungan bisa terjaga kebersihannya, sampah berguna yang dapat didaur ulang bisa dijual kembali.

Instruksi camat ini disampaikan Kepala Seksi Kebersihan Kecamatan Percut Sei Tuan, Romi Surya Darma D SSTP MSi saat diwawancarai wartawan di Pasar IV Medan Estate, Kamis (30/12/2021).

"Karena minimnya angkutan sampah dan kurangnya kesadaran masyarakat, kami pun ekstra kerja keras untuk mengangkuti sampah agar tidak sampai terjadi tumpukan. Seperti di pinggiran jalan Desa Medan Estate,"kata Romi yang saat itu sedang mengerahkan anggota untuk mengangkuti sampah ke mobil sampah. 

Menurutnya lagi, pihaknya baru saja menyelesaikan persoalan tumpukan sampah di TPA Kelurahan Kenangan Perumnas Mandala. Kendati sudah diangkut, namun sampah-sampah itu akan kembali berada di sana. Hal itu lantaran sampah-sampah tersebut sengaja dibuang oleh orang tak bertanggung jawab yang bukan merupakan warga sekitar.

"Sampah-sampah di pinggir jalan ini sudah yang kesembilan kalinya kami buang. Nanti beberapa jam lagi kami patroli, sudah ada lagi sampahnya. Jadi kami menduga, yang membuang sampah di pinggir jalan ini merupakan orang lewat dan bukan warga sekitar,"bilangnya lagi.

"Bayangkan saja, pagi sudah kami angkat. Sorenya sampah sudah menumpuk lagi. Padahal sudah dipasang plank larangan membuang sampah, tapi tetap saja warga membandel dan membuang sembarangan. Bahkan pak Camat pun sudah menginstruksikan para kades dan lurah agar segera membentuk Bank Sampah agar bisa bermanfaat bagi masyarakat,"jelasnya. (lbs)

Komentar Anda

Terkini