-->

Danyon B Pelopor Brimob Polda Sumut Hadiri Peringatan 13 Desember Hari Bersejarah Tebing Tinggi

Senin, 13 Desember 2021 / 15.25

Danyon B Pelopor Brimob Sumut peringati Hari Bersejarah Tebing Tinggi. (f-humas)

TEBING TINGGI, KLIKMETRO.COM - Pemerintah Kota Tebing Tinggi memperingati sejarah peristiwa berdarah 13 Desember, Senin (13/12/21) dengan melakukan upacara ziarah ke makam pahlawan, penaburan bunga di titi gantung dan dilanjutkan dengan Upacara di Lapangan Merdeka Sri Mersing.

Peringatan peristiwa berdarah 13 Desember 1945 yang terjadi 75 tahun silam yang merupakan bentuk perlawanan pejuang pemuda terhadap Jepang di Tebing Tinggi itu di mulai terlebih dahulu dengan Ziarah di Taman Makam Bahagia Jalan Taman Bahagia Kelurahan Tanjung Marulak Kecamatan Rambutan Kota Tebing Tinggi.

Kegiatan dilanjutkan dengan penaburan Bunga di Jembatan Brohol dan Makam Pahlawan tidak dikenal Kecamatan Bajenis Kota Tebing Tinggi tepatnya di Titi Gantung Sungai Padang.

Upacara Ziarah Makam Dpp Oleh Dandim 0204/DS Letkol Jackie Yudhantara, S.Sos.,M.Han. Selanjutnya Kapolres Tebing Tinggi AKBP M. Kunto Wibisono, S.I.K.,M.Si, pimpin kegiatan Upacara Peringatan Peristiwa 13 Desembar rangkaian Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, M. M., S.Sos.,M.Han., Danyon B Pelopor Sat Brimob Polda Sumut Kompol Endra Budianto dan unsur FKPD Kota Tebing Tinggi.

Dalam amanat Walikota Tebing Tinggi yang dibacakan oleh AKBP Kunto Wibisono mengatakan, melalui peringatan ini dirinya mengajak kita semua kembali meneladani semangat pejuang kita demi mempertahankan Negara Indonesia dan Bangsa Indonesia.

"Meskipun sulit, tapi kita pasti bisa meneladani sifat para pejuang, jiwa patriot nya yang rela mengorbankan jiwa raga demi bangsa. Kalau dulu melawan penjajah, maka kita harus lawan Pandemi Covid-19 dengan mematuhi Protokol Kesehatan," ujarnya.

Ditempat terpisah Kompol Endra Budianto selaku Danyon B Pelopor Sat Brimob Polda Sumut juga menuturkan ini merupakan hari bersejarah bagi kota Tebing Tinggi yaitu dengan adanya bentuk perlawanan pejuang pemuda terhadap Jepang di Tebing Tinggi.

"Ia berharap melalui peringatan ini, mari kita saling bahu membahu serta tidak saling menyalahkan dan jadikan ini sebagai momentum bagi kita untuk meneruskan perjuangan para Pahlawan di Kota Tebing Tinggi," pungkasnya.

Selain rangkaian kegiatan tabur bunga, Pemko Tebing Tinggi melalui Walikota Umar Zunaidi Hasibuan juga memberikan apresiasi dengan menyalurkan tali asih kepada para pelatih olahraga yang berprestasi. (lbs)

Komentar Anda

Terkini