-->

Ini Cara Polsek Patumbak Kejar Target Vaksinasi Kurun Waktu 15 Hari

Sabtu, 18 Desember 2021 / 05.23

Kapolsek Patumbak AKP Faidir Chaniago memonitoring pelaksanaan vaksinasi. (f-putra/klikmetro)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Kepolisian Sektor Patumbak Polrestabes Medan menargetkan dalam kurun waktu 15 hari akan tercapai target vaksinasi covid-19 dan sekitar 80 persen masyarakat di wilayah hukumnya yakni Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang dan Kecamatan Medan Amplas, kota Medan sudah menjalani vaksinasi.

Untuk mencapai target vaksinasi 70 persen yang dicanangkan pemerintah sebelum akhir tahun ini, Polsek Patumbak melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat sekaligus memberikan edukasi tentang pemahaman bahaya corona virus disease 2019 covid-19 dan pentingnya vaksinasi untuk menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah sakit.

Namun bukan pekerjaan mudah untuk mencapai target itu. Apalagi Kecamatan Patumbak terdiri dari 6 Kelurahan dan 2 desa. Yakni, Kelurahan Lantasan Lama, Marindal Satu, Marindal Dua, Patumbak Kampung, Patumbak Satu, Sigara Gara, Desa Lantasan Baru dan Desa Patumbak Dua. Sedangkan Kecamatan Medan Amplas memiliki 6 kelurahan. Diantaranya Kelurahan Amplas, Bangun Mulia, Harjosari I, Harjosari II, Sitirejo II, Sitirejo III dan Timbang Deli.


Menggunkaan mobil patroli, petugas  Polsek Patumbak menjemput warga untuk melaksanakan vaksinasi. (f-putra/klikmetro)

Kendati demikian, Kapolsek Patumbak Kompol Faidir Chaniago SH MH optimis, dalam kurun waktu 15 hari, pihaknya akan mencapai target vaksinasi di atas 70 persen. "Bahkan kami optimis, target vaksinasi untuk masyakat Kecamatan Patumbak akan tercapai hingga 80 persen,"ujar Faidir saat memonitoring pelaksanaan vaksinasi masyarakat di markas komando Polsek Patumbak, Jumat (17/12/2021).

Untuk mempercepat terbentuknya herd immunity (kekebalan kelompok), pihaknya menggenjot pelaksanaan vaksinasi dan berkordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang melalui Kecamatan Patumbak dengan mengadakan berbagai kegiatan vaksinasi massal. Bekerjasama dengan kecamatan melalui jajarannya di pedesaan maupun kelurahan untuk mendata warga yang belum mendapat vaksinasi. Selain itu, stake holder terkait maupun organisasi masyarakat dirangkul untuk melakukan kegiatan serupa agar program vaksinasi diperoleh masyarakat secara keseluruhan, termasuk para pelajar dan lansia.

Edukasi Door To Door    

Polsek Patumbak terus konsen untuk menyukseskan program vaksinasi. Pembuktian tersebut ditunjukan dengan cara mengumpulkan warga secara door to door dan memberikan edukasi mengenai prokes dan vaksinasi.

"Hal ini kita lakukan untuk percepatan pencapaian target vaksinasi, terkhusus di Kecamatan Patumbak. Kita undang warga secara langsung ke rumahnya, bagi yang tidak punya kenderaan kita bantu angkut dengan armada milik Polsek Patumbak," sebut Faidir.

Masyarakat dikumpulkan dan diberi edukasi pentingnya menerapkan protokol kesehatan (prokes) 5 M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Hal itu untuk memutus mata rantai penularan covid-19. 

Masyarakat juga diberi pemahaman mengenai vaksinasi dan jangan ragu melaksanakannya untuk menjaga imunitas tubuh agar tak mudah sakit. "Vaksinasi covid-19 ini penting dilakukan agar daya tahan tubuh kuat jika terserang penyakit, terutama penyakit yang dibawa virus corona. Ini juga pencegahan agar tidak tercipta klaster di lingkungan masyarakat, lingkungan kerja maupun lingkungan sekolah,"jelasnya.

Perwira melati satu di pundak ini juga menghimbau agar seluruhnya masyarakat tetap mendukung program pemerintah dengan melaksanakan vaksinasi dan mematuhi prokes. "Walau sudah divaksin, bukan berarti kebal terhadap covid-19. Karena itu, kita tetap harus mematuhi prokes guna memutus perkembangan dan penyebaran virus corona,"imbaunya.

Mobil Patroli Jemput Warga

Untuk pencapaian target, Kapolsek Patumbak Kompol Faidir Chaniago SH memfasilitasi menjemput warga Kecamatan Patumbak yang akan divaksin dengan mengunakan kenderaan mobil patroli. Warga yang belum melaksanakan vaksinasi dan sudah diberi edukasi terkait vaksin, didatangi petugas dan dijemput untuk melakukan vaksinasi. 

Seperti yang berlangsung pada Rabu (15/12/2021), Polsek Patumbak menggelar vaksinasi di tiga lokasi. Yaitu, Mako Polsek Patumbak, Puskesmas Patumbak dan Kantor Desa Mariendal II.

"Seluruhnya tercatat 663 orang yang menerima suntik vaksin," kata Faidir seraya merincikan, dosis I sebanyak 507 orang dan dosis II sebanyak 152 orang. 

"Untuk dosis I, lansia sebanyak 47 orang, remaja 39 orang, umum 421 orang dan ibu menyusui 4 Orang. Sedangkan dosis II, lansia 11 orang, remaja 23 orang dan umum 118 orang," jelasnya. 

Dikatakannya, dari jumlah keseluruhan warga yang divaksin terdiri dari pelajar, lansia dan masyarakat umum bahkan ada juga ibu hamil. "Ada tiga orang ibu hamil ikut juga divaksin," bilangnya.

Sebelumnya, kegiatan sama juga dilakukan pada Sabtu (11/12/2021) lalu. Polsek Patumbak menggelar di tiga lokasi yakni di Polsek Patumbak, Kantor Desa Marindal dan di Aula Gereja HKBP simpang Marindal. Warga yang mengikuti vaksinasi sebanyak 748 orang. Dengan rincian, di halaman Polsek Patumbak sebanyak 184 orang divaksin, di Kantor Desa Marendal sebanyak 410 orang dan di aula gereja sebanyak 154 orang. (maria)

Komentar Anda

Terkini