-->

Trauma Banjir, Warga Desa Bangun Sari Baru Minta Pemkab DS Realisasikan Pelebaran Parit

Selasa, 14 Desember 2021 / 13.23

Kades Bangun Sari Baru Sumber Edi Susiswo (tengah) saat berbincang dengan wartawan. (f-tepu/klikmetro)

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Banjir besar pada September 2021 lalu yang melanda sejumlah desa di Kecamatan Tanjung Morawa menyisakan trauma. Khususnya bagi warga Desa Bangun Sari dan Bangun Sari Baru di Dusun XII yang paling parah kondisinya dilanda banjir.

Ketinggian air hingga 1 meter dikarenakan bentuk struktur tanah Desa Bangun Sari dan Bangun Sari Baru seperti cekungan belanga, bila hujan deras aliran air parit besar taman Rivera dan parit besar kelenteng yang lebih tinggi meluncur kencang ke dua desa tersebut.

Kondisi ini sudah disampaikan oleh kepala desa masing-masing ke Pemerintahan Kabupaten Deli Serdang melalui dinas PUPR Deli Serdang untuk segera atasi masalah banjir. Mereka meminta pelebaran parit maupun drainase sehingga banjir serupa tidak terulang.

Hal ini disampaikan Kades Bangun Sari Baru Sumber Edi Susiswo kepada wartawan, Selasa (14/12/2021).

"Hujan yang turun sangat deras pada bulan September 2021 menyebabkan banjir merendam Dusun XII Desa Bangun Sari Baru ketinggian air hingga 1 meter  banyak warga yang trauma. Jika hujan deras kembali melanda, warga pun cemas karena kuatir kembali banjir dan arus listrik padam.  apalagi warga yang punya balita dan orang tua yang sudah uzur akan menambah kepanikan warga,"kata Sumber Edi Susiswo.

Kades yang dulunya merupakan manajer perusahaan swasta ini menambahkan, dilihat geografis bentuk dan struktur tanah Desa Bangun Sari dan Bangun Sari Baru seperti cekungan belanga, ketika hujan terus menerus akan membuat aliran parit besar Taman Rivera dan parit besar kelenteng yang letaknya lebih tinggi dari parit Desa Bangun Sari dan Bangun Sari Baru yang rendah dan kecil sehingga aliran air menggenangi halaman dan rumah warga di dua desa itu.

"Kami telah menyampaikan permohonan ke Kecamatan Tanjung Morawa dan ke Pemkab melalui Dinas PUPR Deli Serdang agar dilakukan pelebaran parit seluruh dusun di Desa Bangun Sari Baru untuk antisipasi bahaya banjir. Semoga ditanggapi dan direalisasikan Pemkab Deli Serdang agar warga tidak merasa cemas lagi bila hujan turun deras,"harapnya. (tepu)

Komentar Anda

Terkini