-->

431 Rumah Rusak Diterjang Banjir Bandang

Selasa, 04 Januari 2022 / 13.50

Banjir bandang di Padang Lawas memporak porandakan ratusan rumah warga. (f-int)

PALAS, KLIKMETRO.COM - Sebanyak 431 unit rumah warga rusak akibat diterjang banjir bandang yang terjadi Jumat (31/12/2021) malam lalu di Kecamatan Batang Lubu Sutam, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara.

Data dihimpun Selasa (4/1/2022), Warga yang terdampak pasca kejadian terpaksa mengungsi ke rumah warga kerabat dan ke posko tempat pengungsian yang disediakan, serta ke rumah famili di luar. 

Berdasarkan informasi yang diterima, kerusakan paling parah berada di Desa Tamiang. Di desa yang berdampingan langsung dengan Sungai Sutam ini terdapat 142 unit rumah yang rusak dan hanyut.

Diperkirakan ada 87 rumah hanyut dan rusak berat. Sedang rusak sedang 33 unit, dan rusak ringan berkisar 22 unit. Sementara di Desa Tanjung Baru kerusakan rumah warga mencapai 209 rumah. Dengan rincian rusak berat 17 rumah, rusak sedang 11 rumah dan rusak ringan 181 rumah.

Sedangkan di Desa Tanjung Barani kerusakan yang dialami warga ada berkisar 23 unit rumah rusak berat, 29 unit rusak sedang, dan 21 unit rusak ringan. Di Desa Manggis 4 unit dan Siadam 3 unit. 

Fasilitas umum lainnya juga masih ada terdampak, seperti SD Negeri tamiang, masjid, pondok pesantren,” kata Amit Hadi Nasution, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palas. (si)

Komentar Anda

Terkini