Cabuli Anak Dibawah Umur, Sahban Sitepu Dipenjara 12 Tahun

Kamis, 24 Februari 2022 / 18.03

Suasana sidang di Pengadilan Negeri Medan. (f-dok)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Sahban Sitepu terdakwa perkara pencabulan anak dibawah umur,  yang bersidang secara virtual diruang cakra 6 Pengadilan Negeri (PN) Medan dihukum 12 tahun penjara. Sidang putusan ini dibacakan oleh Hakim di Ketuai Dominggus Silaban, Rabu (23/2/2022). 

Dalam amar putusannya, terdakwa terbukti bersalah melakukan pencabulan anak dibawah umur, sebagaimana Pasal 81 ayat (2) UU RI No 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan atas UU RI No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. 

"Menjatuhkan terdakwa Sahban Sitepu oleh karenanya dengan pidana penjara selama 12 tahun, denda Rp60 juta, subsider 3 bulan kurungan," ujar Dominggus. 

Dalam sidang yang terbuka untuk umum itu, hakim menilai perbuatan terdakwa telah merenggut keperawanan korban dan membuat keluarga korban tercemar. 

"Hal meringankan, terdakwa berterus terang dan bersikap sopan dipersidangan," kata hakim. 

Usai putusan dibacakan, hakim memberikan waktu 7 hari kepada penasihat hukum terdakwa, untuk menyatakan sikap menerima atau mengajukan banding. "Hal yang sama juga berlaku bagi penuntut umum," pungkas hakim. Putusan hakim sama (conform) dengan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) Chandra. 

Diketahui, perbuatan terdakwa dilakukan dengan cara membujuk rayu korban dan mengajak korban ke sebuah hotel kelas melati di  Padang Bulan, Medan.(put)

Komentar Anda

Terkini