-->

Darma Wijaya Buka Jambore Cabang IV Pramuka Sergai

Jumat, 18 Maret 2022 / 05.58

Bupati Sergai H Darma Wijaya membuka Jambore Cabang IV Pramuka Kabupaten Sergai.(f-kominfo sergai)

SERGAI, KLIKMETRO.COM - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya selaku Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kabupaten Sergai, Kamis (17/3/2022) membuka kegiatan Jambore Cabang IV Pramuka Kabupaten Sergai di Lapangan Perkebunan Paya Pinang, Desa Paya Pinang Kecamatan Tebing Syahbandar.

Mengawali sambutannya, Bupati H Darma Wijaya menyampaikan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang cukup pesat pada era globalisasi. Akan tetapi manusia tetap menjadi faktor utama kemajuan tersebut. Oleh karenanya, semua diawali dari membangun manusia yang bermental kuat, berkarakter mandiri, berakhlak mulia, inovatif dan kreatif.  

Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa pembangunan kaum muda bukan sekedar menjadi manusia yang cerdas saja, namun berbudi luhur, pribadi yang tangguh, hidup dalam kerukunan dan kekompakan serta bersatu menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

“Menjadi perhatian kita bersama bahwa karakter anak muda dan para pelajar yang terkikis era globalisasi, tentu mempengaruhi sikap santun yang mulai berkurang. Rasa hormat terhadap guru dan orang tua mulai tergerus. Untuk itulah sangat penting menanamkan pendidikan karakter bagi anak melalui berbagai kegiatan positif,” terang Bupati.

Salah satu kegiatan tersebut, kata Bupati lagi, adalah menggelar kegiatan Jambore Pramuka. Jambore ini merupakan kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka seperti bentuk perkemahan besar yang diisi dengan berbagai kegiatan dengan menitikberatkan pada pengembangan diri peserta yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial.

“Pelaksanaan Jambore Cabang IV ini berlangsung selama 4 (empat) hari ke depan, dengan rangkaian acara kegiatan kepramukaan, pentas seni dan ragam kuliner. Diharapkan seluruh peserta bisa tampil riang gembira. Semoga dengan kegiatan Jambore ini bisa membentuk karakter Pramuka yang sesuai dengan nilai Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka,” tutup Bupati Darma Wijaya.

Dikesempatan serupa, Sekdakab H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP  yang juga sebagai Kwarcab Pramuka Kabupaten Sergai mengutarakan bahwa kegiatan ini berlangsung mulai Hari Kamis-Minggu (17-20 Maret 2022) diikuti sebanyak 840 peserta yang berasal dari 17 kecamatan se-Sergai.

Sedangkan tujuan kegiatan ini adalah untuk menunjukkan aksi nyata bahwa seluruh peserta bisa terjun kemasyarakat setelah proses pembinaan. Selain itu dapat membentuk watak dalam mewujudkan sikap kemandirian, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan dan kode Pramuka Dasa Dharma Pramuka, pungkas Sekdakab Sergai.

Acara dibuka dengan menabuh genderang serta dilanjutkan apel pasukan Kwartir Ranting masing-masing utusan kecamatan sekaligus foto bersama. Dilanjutkan dengan peninjauan stand ragam kuliner hasil karya peserta Jambore. (rel)

Komentar Anda

Terkini