-->

Pokmas PK5 Bersama Pendawa Medan Denai Bangun Posko Peduli Sungai dan Pangkas Gratis Warga

Minggu, 13 Maret 2022 / 16.20

Pokmas PK5 berkolaborasi dengan Pendawa Medan Denai membangun Posko Peduli Sungai dan bakti sosial memangkas rambut 100 warga. (f-sitepu/klikmetro)

Kordinator Pokmas PK5 Peduli Sungai Rahmat Ilham Manurung memantau pembangunan posko. (f-sitepu-klikmetro) 

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Kebersihan lingkungan bukan tanggung jawab pemerintah semata, peran serta warga  masyarakat juga dibutuhkan. Kepedulian ini ditunjukkan kelompok masyarakat peduli kebersihan, keamanan, ketertiban, kesehatan dan kesejahteraan (Pokmas PK 5) Medan Denai dengan membangun posko pemantau kebersihan sungai secara swadaya gotong royong bertujuan mencegah warga jangan buang sampah ke sungai agar tidak terjadi banjir jika hujan.

Pada kegiatan membangun posko di pinggiran sungai Jalan Raya Menteng, Kelurahan Binjai, Medan Denai, Jumat (11/3/2022), diadakan juga bakti sosial pangkas gratis untuk 100 orang.

Rahmat Ilham Manurung, koordinator Pokmas PK 5 mengatakan, diadakan posko agar masyarakat sadar dan peduli lingkungan serta tidak membuang sampah ke sungai. 

"Kelompok Masyarakat peduli sungai Denai membangun posko pemantau kebersihan sungai secara swadaya bergotong royong membantu Pemerintah Kota Medan menjaga sungai tetap bersih. Selain itu juga kami memberikan edukasi warga agar jangan buang sampah ke sungai sekaligus penghijauan menata pinggiran sungai tempat bermain bersama keluarga. Sungai Denai membelah Kota Medan, alirannya melewati kecamatan Medan Amplas, Medan Denai dan Medan Tembung sampai ke sungai Percut, selayaknya kita jaga kebersihannya agar tidak terjadi banjir,"kata Rahmat.

Dia menambahkan, sebelum pandemi Covid 19, setiap perayaan HUT Kemerdekaan RI Pemko Medan melalui Dinas Lingkungan hidup, Kelurahan dan Kecamatan Medan Denai adakan lomba rakit batang pisang untuk warga start dimulai jembatan Pasar Merah Medan Denai dan finish di Titi Sewa Medan Tembung.

''Sebelum perlombaan warga seluruhnya bergotong royong membersihkan sungai agar di saat perlombaan bersih dari  sampah," ungkapnya lagi.

Warga yang berdomisili di bantaran Sungai Denai apresiasikan kerja Pokmas bangun posko pemantau kebersihan sungai dan edukasi warga tidak sembarangan buang sampah ke sungai dan menata taman pinggiran sungai tempat bermain ramah anak.

"Bila hujan warga yang tinggal tidak jauh dari bantaran Sungai Denai was-was sebab air sungai meluap sampai ke pinggiran sungai, kami sangat apresiasikan dan mendukung program mulia Pokmas PK 5 ini, pembersihan sungai, pengangkatan sampah yang menumpuk di pinggir sungai, penghijauan di pinggiran sungai dilakukan bergotong royong dan warga terpanggil membantu sediakan makanan dan minuman serta tenaga sukarela membantu kerja Pokmas peduli sungai," terang Soni dan Rudi secara  bersamaan warga berdomisili dekat dengan sungai.

Pokmas PK 5 berkoloborasi PAC Pendawa Medan Denai mengundang Guntof Barbershoppe adakan gelaran pangkas gratis untuk 100 orang warga pada jumat (11/3) disambut semangat warga berduyun-duyun datangi pinggir sungai Denai,

Pokmas PK5 mengadakan kegiatan pangkas gratis bagi seratus orang warga baik tua maupun muda berkolaborasi dengan PAC Pendawa Medan Denai mengundang rumah pangkas "Guntof Barbershope" pimpinan Ridho Al Nazar terkenal selalu mengadakan pangkas gratis untuk warga setiap hari jumat, Sabtu,dan minggu sebagai amal jariah sesuai dengan profesi dan keahliannya. 

"Rumah pangkas Guntof Barbershope berada dikawasan Helvetia Kota Medan siap hadiri setiap diundang oleh kumpulan komunitas yang peduli warga selama masih dalam kota Medan terbukti mereka hadir dengan membawa 7 orang crew petugas pangkas dengan sukarela,"ujar Ketua Pendawa Medan Denai Arifin diamini Yusuf warga yang dipangkas gratis.

Pantauan wartawan di lokasi kegiatan masyarakat peduli kebersihan sungai bersama Pokmas PK5 bergotong royong menanam bunga dan membuat pondok untuk posko serta mengatur warga peserta pangkas gratis agar tetap ikuti prokes Covid 19. Sementara warga lainnya memancing ikan untuk dibakar dan kaum ibu menyiapkan nasi, kopi dan teh untuk seluruh yang hadir. Pada kesempatan sama, owner Guntof Barbershope Nizar berikan warga hotline pangkas gratis untuk warga Hp 0812 7766 8416 dengan motto bersama bekerja semua bisa. (tepu)

Komentar Anda

Terkini