Tak Dapat Kartu DPT, Ratusan Warga Sei Beras Sekata Sunggal Geruduk Panitia Pilkades

Sabtu, 16 April 2022 / 19.49

Ratusan warga Desa Sei Beras Sekata, Kecamatan Sunggal, Deli Serdang mendatangi panitia pilkades lantaran tak mendapat kartu DPT. (f-ist)

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Ratusan Warga Desa Seiberas Kecamatan Sunggal, Deli Serdang menggeruduk Kantor Desa Sei Beras Sekata, Jumat (15/4/2022).

Mereka memprotes panitia pemilihan kepala desa (P2K) yang tidak memberikan kartu Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk mencoblos pada pemilihan kepala desa, Senin 18 April nanti.

Gembira (57), warga Jalan Padi Unggul, Desa Sei Beras Sekata menjelaskan bahwa dirinya datang ke kantor desa ini untuk meminta kartu daftar pemilihan calon kepala desa di tempatnya.

"Saya berharap agar  mendapatkan kartu untuk dapat memilih kepala desa sesuai dengan keinginan kami masing masing. Tapi sampai sekarang kami tidak diberikan makanya kami datang ke sini,” ujar Gembira.

Sementara warga lainnya berteriak teriak agar pihak panita memberikan hak warga untuk dapat memilih calon kepala desa sesuai dengan keinginan masing-masing.

Fatagusman Daeli, warga lainnya yang juga hadir di kantor desa menjelaskan bahwa hari ini mereka datang sekitar 100 orang untuk meminta DPT.

"Saya disini sudah 29 tahun menjadi warga Desa Sei Beras Sekata, tapi saya bersama istri saya tidak dapat kartu pemilih, makanya saya geram dan datang ke sini meminta hak kami, kami akan menunggu sampai mendapatkan keputusan dari panita untuk dapat memilih,”tukasnya.

Menjawab soalan warga, Ketua Panitia pemilihan Calon Kades Desa Seiberas kata, Kecamatan Sunggal Abdi menjelaskan bahwa yang tidak terdaftar di C6 itu sesuai dengan kesepakatan bersama antara 4 calon kades.

"Setelah didata, diperoleh Daftar Pemilih Sementara (DPS)  kemudian ditetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan sudah disampaikan kepada masing-masing 4 calon kepala desa. Kemudian ditandatangani oleh 4 calon, artinya sah di mata undang-undang. Pada tanggal 7 lalu ada penambahan DPT, kalau sekarang tak mungkin lagi ada pertambahan,"jelas Abdi.

Dia menambahkan, sekitar 100 orang tidak mendapatkan DPT. Sementara yang sudah memperoleh DPT dan sudah disahkan sekitar 3913 orang.

"Persoalan untuk penambahan DPT ini sudah kami sampaikan kepada 4 calon untuk dimusyawarahkan, tapi tak ada yang datang. Saya pun gak ngerti, saya juga tidak mau disalahkan. Kami sudah maksimal dan kami sudah konsultasi kepada pihak Kecamatan Sunggal,"ujarnya. (hot)
Komentar Anda

Terkini