-->

Bupati Deli Serdang Tinjau Perbaikan Bendungan Sidoras

Rabu, 22 Juni 2022 / 11.31

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan meninjau Bendungan Bandar Sidoras di Desa Cinta Rakyat, Percut Sei Tuan.(f-kominfo deli serdang)

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan meninjau Bendungan Bandar Sidoras di Desa Cinta Rakyat, Kecamatan Percut Sei Tuan, Senin (20/6/2022).

"Tidak mungkin pemerintah kabupaten berdiam diri, tapi nanti tolong disampaikan kepada yang berkepentingan dan kompeten. Panjang proses yang sudah dilalui. Sudah dilaporkan ke pemerintah, bahkan sampai ke menteri. Tapi kami heran di tengah-tengah masyarakat lain, saudara-saudara kami memperoleh bendungan-bendungan baru, yang konon katanya untuk meningkatkan produktivitas padi. Perbaikan bendungan diabaikan, atau dianggap tidak penting," ungkap Bupati dalam sambutannya.

Bupati mengapresiasi aparat pemerintahan desa di sekitaran Bendungan Sidoras, yang bahu membahu melakukan perbaikan bendungan tersebut. 

"Seluruh jajaran Pemkab Deli Serdang, para kepala desa yang saya banggakan, bahwa tanpa mempedulikan, tanpa harus bergantung dengan pemerintah pusat, kita mampu membuat masyarakat bisa terus berproduksi, tidak hanya dalam rangka memastikan swasembada beras, tapi jauh lebih penting dari itu adalah agar kehidupan masyarakat bisa berlangsung sebagaimana mestinya," tandas Bupati. 

Atas dasar itu pula, sebut Bupati, masyarakat, khususnya para petani, tidak lagi berpikir bagaimana untuk berswasembada beras, melainkan hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

"Kita lihat, masyarakat sebagian besar berproduksi, bertani, bukan dalam rangka memenuhi kebutuhan berswasembada, tapi lebih pada memenuhi kebutuhan hidup rumah tangganya," pungkas Bupati.

Kembali, Bupati menyinggung perihal kurangnya perhatian pemerintah pusat atas kesusahan rakyatnya. 

"Hormat saya Pak (para kades). Bapak-bapak luar biasa, bisa mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengabaikan perhatian pemerintah pusat yang kurang, hingga kita bisa tetap membantu masyarakat kita memenuhi kebutuhan sehari-harinya," imbuh Bupati. 

Untuk upaya perbaikan lain terhadap Bendungan Sidoras tersebut, Bupati meminta kepada Sekretaris Daerah (Sekda), Darwin Zein SSos, dan Kepala Dinas (Kadis) Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDA BMBK), Janso Sipahutar ST MT, untuk terus berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS). 

"Untuk perbaikan-perbaikan lain, saya minta ke Pak Sekda, khusus ke Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Dinas SDA BMBK), untuk terus berkoordinasi dengan balai (BWS) dan dengan semua pihak yang berkepentingan. Yang seharusnya bertanggung jawab atas perbaikan-perbaikan lebih sempurna untuk jaminan ketersediaan air bagi petani kita," perintah Bupati. 

Namun, bila BWS pun tidak memberi respon atas upaya koordinasi yang dilakukan, kata Bupati lagi, Pemkab Deli Serdang siap untuk mengupayakan perbaikan bendungan tersebut secara mandiri. 

"Kalau nanti diperlukan, material, kalau balai (BWS) lalai, cukuplah saya kira minta izin saja, biar kita semua yang supply semua kebutuhan untuk memastikan air tersedia. Mari terus kita tidak henti-hentinya memberikan bantuan sejauh yang kita bisa, agar kita betul-betul menjadi masyarakat Deli Serdang yang maju, sejahtera, religius, dan rukun dalam kebhinekaan," seru Bupati disambut tepuk tangan semua tamu dan masyarakat yang hadir. 

Di acara tersebut, Bupati turut didampingi Sekda Deli Serdang Darwin Zein SSos, Kadis SDABMBK Janso Sipahutar ST MT, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Drs Zainal Abidin Hutagalung, Kadis Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfo Stan) Dr Dra Miska Gewasari MM, Kadis Pertanian Drs Ramlan Dongoran SP MSi, Kadis Tenaga kerja Drs Binsar TH Sitanggang MSP, Camat Percut Ismail SSTP MAP, Kades Cinta Rakyat H Adi Kustiono SKP, serta sejumlah kepala desa. (lbs)

Komentar Anda

Terkini