-->

Pj Wali Kota Tebing Tinggi Buka Bimtek Penyusunan Master Plan Smart City

Rabu, 08 Juni 2022 / 23.07

Pj Walikota Tebing Tinggi buka Bimtek penyusunan Master Plan Smart City.(f-kominfo tebing tinggi)

TEBING TINGGI, KLIKMETRO.COM - Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos., M.TP. membuka Master Plan Smart City (Kota Cerdas), Rabu (8/6/2022), di Balai Kartini Convention Center and Public Services.

Acara berlangsung selama 2 hari, mulai hari Rabu sampai Kamis (08 - 09 Juni 2022), bertempat di Balai Kartini Convention Center and Public Services.

Dengan tim pembimbing Bimtek dari Kementerian Kominfo Dr. Sri Yulianto Joko Prasetyo M.Kom dan Dedy Sushandoyo, S.T., M.Sc.Eng., M.A.Sc., Lic.Eng., Ph.D., CIP.

Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, S.STP., M.Si. selaku ketua tim pelaksana Smart City Kota Tebing Tinggi mengatakan bahwa tujuan acara ini sebagai implementasi Kota Cerdas dengan poduk penyusunan Master Plan Smart City.

Adapun sumber dana penyelenggaraan berasal dari APBD Kota Tebing Tinggi Tahun 2022 dan usulan P-APBD Kota Tebing Tinggi Tahun 2022.

"Demikian kami sampaikan untuk selanjutnya kami mohonkan bimbingan dan arahan Bapak Pj. Wali Kota Tebing Tinggi untuk membuka kegiatan Bimbingan Teknis ini secara resmi," tutup Dedi Parulian Siagian, S STP., M.Si.

Dalam sambutan Kadis Kominfo Provinsi Sumut yang dalam kesempatan ini diwakili Kabid Layanan E-Goverment Rismawati, S.T., M.Si. mengatakan bahwa pemerintah provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Kominfo mengapresiasi dan menyambut baik pelaksanaan bimbingan teknis ini sebagai upaya yang sistematis dan komprehensif dalam mengembangkan visi, strategi dan prioritas Smart City dengan melihat potrnsi dan permasalahan, kesiapan infrastruktur serta SDM yang dimiliki.

"Kami mengharapkan kita semua dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Kominfo yang telah memilih 3 daerah di sumut (Tanjung Balai, Tebing Tinggi dan Tapanuli Selatan) menjadi master plan Smart City," pungkasnya.

Pj. Wali Kota dalam sambutan berharap kepada peserta yang hadir dalam bimtek, untuk memanfaatkan dengan sebaik - baiknya, mengikuti sampai akhir dan data yang ada agar disampaikan ke tim. 

"Pada kesempatan hari ini, mari kita manfaatkan Bimtek dengan sebaik - baiknya, mengikuti sampai akhir dengan tekun, kalau ada yang ingin ditanyakan jangan sungkan, agar penyusunan bisa berjalan dengan baik dan penyelesaian bisa tepat waktu,"

"Dan kepada semua peserta yang hadir saat ini, kami sampaikan dan mintakan, agar data disampaikan ke tim, jangan nanti sampai ada data yang kurang, menjadikan pendampingan berjalan tidak sesuai waktu," ujar Pj. Wali Kota.

Selanjutnya Pj. Wali Kota membuka secara resmi Bimtek Penyusunan Master Plan Smart City.

"Dengan ucap bismillah, Bimtek Penyusunan Master Plan Smart City secara resmi kami buka,"ungkap Pj. Wali Kota.

Sementara, Wali Kota Tebing Tinggi periode 2017 - 2022 Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, M.M. selaku Dewan Pengarah Smart City Kota Tebing Tinggi meminta kepada OPD dan instansi yang terkait agar berkontribusi memberi data yang baik dan akurasi adanya.

"Mari kita kontribusi, kita berikan data yang baik, akurasinya penuh ada, tentunya faktor apa yang menjadi penghambat sekarang ini bisa diinformasikan dengan sejelas-jelasnya," ujarnya.

Sebagai informasi untuk diketahui, Kota Cerdas (Smart City) merupakan upaya-upaya inovatif yang dilakukan ekosistem kota dalam mengatasi berbagai persoalan dan meningkatkan kualitas hidup manusia dan komunitas setempat.

Kementerian Kominfo melalui Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan (LAIP) bersama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PUPR, Kantor Staf Presiden, Kementerian Keuangan, Kemenko Perekonomian, dan Kementerian PANRB menginisiasi penyelenggaraan Gerakan Menuju 100 Smart City.

Turut dihadiri Kabag Ren Kompol. Adjie mewakili Kapolres, Danyon B Sat Brimobda Polda Sumut Kompol. Samsul Bahri, S.H., Ketua PN Mangapul, S.H., M.H., Ketua PA Dr. Hj. Devi Oktari, S.H.I., M.H. dan Kakan Kemenag Dr. H. Muhammad David Saragih, S.Ag., M.M., Kepala OPD atau mewakili pimpinan perbankan, BUMN, BUMD, tokoh pemuda, rekan pers serta peserta bimtek. (rel)

Komentar Anda

Terkini