-->

Terima Kunjungan Tim Kemenko Perekonomian, Bupati: Deli Serdang Punya Lahan Luas, Subur dan Letak Strategis

Selasa, 19 Juli 2022 / 23.35

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan menerima kujnjungan Tim Kemenko Perekonomian.(f-kominfo deli serdang)

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan menerima kunjungan Tim Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian di Ruang Rapat, Lantai II, Kantor Bupati Deli Serdang, Selasa Siang (19/7/2022).

Tim Kemenko yang hadir pada pertemuan tersebut, yakni Pelaksana Harian (Plh) Asisten Deputi (Asdep) Agribisnis Hortikultura (Analis kebijakan Ahli Madya), Henry Simarmata SSos, MMA, Asdep Prasarana dan Sarana (Analis Ahli Madya), Toni Nainggolan SE MSi, Asdep Agribisnis Hortikultura (Analis Ahli Muda).

Hadir pula Ketua Komisi Penyuluhan Pertanian Pertanahan dan Kehutanan Deli Serdang sekaligus Ketua Forum Daerah Aliran Sungai (FOR DAS), Prof Dr Ir Abdul Rauf MP, Direktur Eksekutif Koperasi Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) Deli Serdang, Ine Deviyanti, Manajer Lapak Buah, H Ridwan Purba, dan Ketua koperasi KPT, Robert Efendi Barus.

"Berawal dari kenyataan di lapangan yang kita yakini, dan diskusi dengan masyarakat, tokoh-tokoh yang peduli dengan daerah, lahan di daerah itu (STM Hulu), untuk pertanian yang sangat sayang kalau tidak dimanfaatkan," ujar Bupati. 

Deli Serdang, lanjut Bupati, punya potensi luar biasa. Selain ketersediaan lahan yang luas dan subur, letak geografis kabupaten Deli Serdang sangat strategis.

Berbatasan langsung dengan Kota Medan, ibukota Provinsi Sumatera Utara, berbatasan juga dengan kabupaten-kabupaten besar lainnya.

"Di sini (Deli Serdang), ada Bandar Udara (Bandara) Kualanamu. Kemudian, persis di ujung kabupaten kami, walau di Kota Medan, ada Pelabuhan Belawan. Ada juga Pelabuhan Kuala Tanjung di selatan. Artinya, jarak ke pasar hanya selemparan batu," urai Bupati. 

"Ada lahan yang luas, lahan yang subur, ada pasar. Jadi, alangkah sayangnya jika ini (potensi pertanian) tidak bisa kami manfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat Deli Serdang. Bahkan, masyarakat Deli Serdang, semakin bersemangat, khususnya warga Kecamatan STM Hulu dan sekitarnya sangat antusias karena memang dari awal hidup dari pertanian," urai Bupati. 

Hal itu sejalan dengan apa yang telah diyakini sebelumnya, lebih baik, lebih mudah, dan lebih masuk akal untuk menjalankan program yang idenya dari masyarakat itu sendiri. 

"Justru lebih mudah, lebih efektif, dan besar kemungkinan berhasilnya dibanding dengan program yang inisiasinya, idenya, datang dari langit terus dipaksakan, dibujuk masyarakat untuk mau menerima program itu. Dan biasanya, potensi gagalnya akan lebih besar," ucap Bupati. 

Yang menjadi kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, tegas Bupati, sudah disepakati dengan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD). "Mari kita sepakati saja, apa yang diinginkan masyarakat, apa yang mereka bisa kerjakan, itu akan lebih mudah dan lebih baik, besar kemungkinan berhasilnya. Sehingga, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang tinggal memfasilitasi dalam batas-batas kemampuan kami," terang Bupati. 

Kembali, Bupati menegaskan, lahan di Kecamatan STM Hulu, luar biasa subur. Dan, Pemkab Deli Serdang sudah memulai dengan salak. Dan hal itu sudah berhasil. 

"Kami dapat kabar, sekarang masyarakat memotongi tanaman sawit mereka dan menggantinya dengan salak. Memang, sudah lama pemikiran untuk menjadikan lahan di Deli Serdang, di STM Hulu, untuk ditingkatkan sedemikian rupa menjadi lahan lebih bermanfaat dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkas Bupati. 

Sementara itu, Plh Asdep Agribisnis Hortikultura (Analis kebijakan Ahli Madya) Kemenko Perekonomian, Henry Simarmata SSos MMA, menjelaskan tugas Tim Kemenko adalah memfasilitasi dengan kementerian dan instansi terkait dalam upaya pengembangan potensi pertanian. 

"Di Garut, di Sukabumi, sudah berhasil. Dan mudah-mudahan Kawasan Pertanian Terpadu di STM Hulu ini bisa berhasil dan menjadi contoh bagi daerah lain," katanya. 

Hanya saja, sambung Henry Simarmata, ada kendala yang dihadapi, yakni jalan menuju lokasi KPT di Desa Liang Pematang yang belum baik. Dia berharap, Pemkab Deli Serdang bisa segera memperbaiki jalan tersebut, sehingga akses bisa lebih mudah dan cepat. 

Turut mendampingi Bupati pada pertemuan itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Putra Jaya Manalu SE MM, Kepala BappedaLitbang Ir Remus H Pardede MSi, Kadis Pertanian Rahman Saleh Dongoran SP MSi, Kadis Koperasi Dan UKM Dra Hj Rabiatul Adawiyah MPd, Kadis KominfoStan Dr Dra Hj Miska Gewasari MM, Kadis Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Janso Sipahutar ST MT, Kabag Tapem Setdakab Drs David Efrata Tarigan, Camat STM Hulu Budiman Sembiring SSos, Kades Rumah Sumbul Makmur Barus, Kepala Desa Liang Pematang, Bahagia Tarigan, Kepala Desa Liang Muda, Martinius Barus. (lubis)

Komentar Anda

Terkini