-->

Nawal Lubis Minta PKK Perluas Jaringan Kemitraan untuk Perlancar Kegiatan

Kamis, 01 September 2022 / 18.05

Ketua TP PKK Nawal Lubis memonitor kegiatan PKK di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.(f-kominfo sumut)

LABUSEL, KLIKMETRO.COM - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis memonitor langsung kegiatan PKK di Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel). Dia meminta agar TP PKK memperluas jaringan kemitraan yang tidak mengikat dan bermanfaat besar.

Salah satu yang sangat penting menurut Nawal Lubis adalah dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hal ini bertujuan agar anggaran dan program PKK berjalan dengan baik.

"Koordinasi dan konsultasi dengan OPD harus terlaksana dengan baik, biar anggaran sama program kita juga lancar, begitu juga dengan mitra-mitra lainnya," kata Nawal Lubis, saat lakukan monitoring PKK di Pendopo Rumah Dinas Bupati Labusel, Jalan Lintas Kotapinang - Gunungtua, Kamis (1/9/2022).

Nawal juga mengingatkan kepada PKK Labusel untuk melaksanakan pembinaan melalui sistem rentang kendali 1-3-6-9-12, yaitu PKK Pusat 1 kali pembinaan ke provinsi, PKK Provinsi 3 kali pembinaan ke kabupaten/kota, PKK kabupaten/kota 6 kali pembinaan ke kecamatan, PKK Kecamatan 9 kali pembinaan ke desa/kelurahan, PKK desa/kelurahan 12 kali pembinaan ke Dasa Wisma. Tujuannya untuk mempercepat terimplementasinya 10 Program PKK dan mencapai kelompok Dasa Wisma yang maksimal.

"Rentang kendali tersebut dilaksanakan dengan baik, ini kami yang kedua kalinya monitoring ada satu kali lagi, ibu-ibu juga wajib melaksanakan itu," kata Nawal Lubis yang datang bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumut Hendra Dermawan dan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sumut Suherman.

Bupati Labusel Edimin mengatakan Pemkab Labusel sedang melakukan pembangunan di semua sektor setelah pemekaran tahun 2008. Salah satu yang mendorong pembangunan menurutnya adalah PKK yang bergerak aktif menyejahterakan keluarga di Labusel.

"Seperti ini kalau ibu-ibu sudah bergerak, semuanya heboh, itu juga yang mendorong pembangunan di Labusel, bisa kita lihat banyaknya produk-produk UKM yang mereka hasilnya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga," kata Edimin.

Sementara itu, Ketua TP PKK Labusel Darni Hatna Edimin mengatakan kinerja kader-kader PKK Labusel luar biasa. Bukan hanya karena lomba memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK 2022, tetapi juga keinginan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

"Kita terus bergerak bukan hanya karena lomba, tetapi ibu-ibu di sini ingin maju bersama membangun keluarga sejahtera. Kedatangan ibu di sini menambah semangat kami, semoga ke depan kami terus lebih baik lagi," kata Darni.

Pada kesempatan ini Nawal Lubis memberikan bantuan makanan tambahan kepada anak-anak dan juga alat pertanian seperti traktor, gerobak sorong, alat pompa dan lainnya, untuk menunjang pertanian di Labusel.

Hadir pada kegiatan monitoring ini Wakil Bupati Labusel Ahmad Padli Tanjung, Ketua I TP PKK Labusel Megawarni, Sekda Labusel Herry Wahyudi M. Hadir juga Tim Monitoring PKK Sumut dan anggota PKK se-Kabupaten Labusel.(mar)

Komentar Anda

Terkini