Buka Porprovsu XI, Edy Rahmayadi Sebut Porprovsu Kali Ini Istimewa

Sabtu, 29 Oktober 2022 / 20.31

Gubsu Edy Rahmayadi meresmikan pembukaan Porprovsu XI. (f-kominfo sumut)

DELISERDANG, KLIKMETRO.COM - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi membuka secara resmi Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) XI, Sabtu (29/10). Ditandai dengan pemukulan gondang sembilan oleh Edy Rahmayadi bersama Forkopimda dan Bupati/Walikota yang hadir. 

Gubernur Edy Rahmayadi menyampaikan apresiasi dan menyebut Porprovsu kali ini istimewa. Karena menjadi ajang rekrutmen para atlet dan official, yang akan ikut bertanding pada Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024 yang dilaksanakan di Aceh dan Sumut. 

Untuk itu, Edy mengharapkan seluruh peserta hingga Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI)  Sumut melakukan yang terbaik untuk persiapan PON tersebut. "Bersatu kita juara. Sudah kita pastikan, kalau kita bersatu kita juara, " kata Edy, saat membuka Porprovsu XI di Gedung Serbaguna Pemprov Sumut, Jalan Willem Iskandar/Pancing, Deliserdang.

Dikatakan Edy, yang bisa membesarkan Sumut hanyalah masyarakatnya. Edy percaya, Sumut yang populasinya yang cukup besar memiliki talenta-talenta yang luar biasa dan bisa mengharumkan daerahnya.

"Banyak hal yang mesti kita buat untuk menyiapkan pesta olahraga nasional. Ini bukan kegiatan politik. Ini adalah kegiatan besar untuk kebanggaan Sumut yang sama sama kita cintai, " kata Edy. 

Diketahui, Porprovsu XI diikuti 5.155 peserta yang terdiri dari atlet, official hingga panitia, dari seluruh kabupaten/kota se-Sumut. Para atlet akan bertanding  di 17 cabang olahraga (Cabor) mulai tanggal 29 Oktober hingga 5 November 2022.

Adapun 17 Cabor yang dipertandingkan di antaranya angkat berat, karate, biliar, wushu sanda, bola voli, atletik, tenis meja, pencak silat, tarung derajat, sepakbola, tinju, drum band, bulutangkis, muaythai, binaraga, pentanque, dan taekwondo. Peserta akan memperebutkan 256 medali emas, 256 perak dan 256 perunggu. 

"Sebanyak 17 cabor ini dipilih karena memiliki pengurus Cabor di kabupaten/kota," kata Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis. 

John Ismadi mengatakan, Porprovsu ini merupakan wujud pembinaan prestasi olahraga di Sumut.  Juga merupakan langkah awal rekrutmen pelatih, serta atlet dalam rangka Pelatda PON 2024, sekaligus motivasi bagi masyarakat untuk giat berolahraga. 

Sementara itu, Ketua KONI Pusat Marciano Norman yang diwakili Wakil Ketua Umum Suwarno mengharapkan pada PON 2024 kontingen Sumut dapat menunjukan prestasi terbaiknya. "Oleh sebab itu mari sama sama masyarakat dan instansi terkait, maupun KONI se-Sumut untuk mau berbagi dan berkontribusi agar kesiapan kontingen Sumut ke depan akan semakin baik. Dan pada waktunya meraih prestasi yang maksimal, " katanya. 

Pada kesempatan tersebut, Edy Rahmayadi juga meluncurkan logo, tagline dan maskot PON XXI ACEH - SUMUT 2024. Adapun maskot untuk Sumut yang diluncurkan bernama Matra (Harimau Sumatera). Matra menggunakan Tanjak Melayu, Ulos Batak dan tampak gorga batak. Tagline yang diluncurkan juga memiliki semangat yang optimis yaitu ‘Bersatu Kita Juara’.

Turut hadir Pangdam I/BB Acmad Daniel Cardin, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting dan Walikota Medan Bobby Nasution, Bupati Batubara Zahir, Bupati Labura Hendryanto Sitorus, Bupati Karo Cory Sebayang, Bupati Samosir Vandiko, Plt Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Tuahta Saragih. (mar)

Komentar Anda

Terkini