Desa Wisata Buluh Duri Raih 2 Penghargaan di ADWI 2022 dari Kemenparekraf

Senin, 31 Oktober 2022 / 14.49

Desa Wisata Buluh Duri Kabupaten Serdang Bedagei, Provinsi Sumatera Utara meraih 2 penghargaan di ADWI 2022. (f-kominfo sergai)

JAKARTA, KLIKMETRO.COM - Upaya Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) dalam mewujudkan Wisata Maju Terus, mendapat pengakuan yang luar biasa. Terbaru, Desa Wisata Buluh Duri, Kecamatan Sipispis, meraih penghargaan dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang dihelat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), di Jakarta, Minggu (30/10/2022).

Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, yang hadir langsung dalam acara ini menyampaikan rasa bangganya atas prestasi prestisius yang diraih Desa Wisata Buluh Duri. Ia menuturkan jika ini merupakan kali kedua Desa Wisata Buluh Duri ikut dalam kompetisi ADWI.

“Tahun 2021, Buluh Duri masuk 300 besar. Lalu di edisi 2022, berhasil menembus 50 terbaik nasional, bahkan dapat penghargaan di 2 kategori yakni menjadi juara Desa Wisata Terfavorit serta runner-up Desa Wisata kategori Digital dan Kreatif. Ini menjadi motivasi bagi seluruh pihak terkait untuk semakin berbenah dan meningkatkan kualitas desa wisata ini,” ungkap Wabup sumringah.

Ia mengatakan, momen ini menjadi suatu kehormatan bagi Kabupaten Sergai. Ia meyakini, dengan anugerah alam dan potensi yang luar biasa ini, Desa Buluh Duri dengan Arung Jeram Bahbolon-nya akan semakin baik lagi kedepannya. Perlahan, sebutnya, infrastruktur pendukung akan pihaknya perbaiki, sarana prasarana serta SDM yang mumpuni juga akan dipenuhi.

“Sebuah kebanggan tentunya bagi kita semua, khususnya masyarakat Sergai atas capaian ini. Keindahan alam Desa Buluh Duri saat melakukan arung jeram memang layak diacungi jempol. Satu per satu sudah kami benahi. Terkhusus untuk tahun ini sudah dibuat Perda tentang pengembangan pariwisata yang khusus berbicara tentang sarana transportasi ke objek-objek wisata yang ada di Sergai” sebut Wabup.

Tak lupa Adlin Tambunan juga mengucapkan terima kasih kepada Menparekraf dan jajaran, terkhusus lagi seluruh lapisan masyarakat Sergai, yang sudah mendukung penuh wisata alam arung jeram atau rafting Bahbolon di Desa Buluh Duri.

“Luar biasa dukungan yang diberikan oleh publik. Tercatat ada sebanyak 140.547 vote yang didapat Desa Wisata Buluh Duri hingga menjadikannya paling favorit dalam ajang ADWI 2022. Semoga ini menjadi harapan baru bagi kita semua untuk kemajuan sektor pariwisata di Sergai kedepannya, sehingga visi Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius, pada akhirnya bisa terwujud,” tandasnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Asisten Pembangunan Drs. Nasrul Aziz Siregar, Kadisporaparbud Drs. Zulfikar, Kabid Pariwisata Anita Pratiwi, Kepala Desa Buluh Duri Dewi Yanthi Purba, serta Kepala BUMDes Buduma Budiman Purba. (mar)

Komentar Anda

Terkini