-->

Irup Hari Santri Nasional 2022 Kota Medan, Aulia Rachman : Peran Santri Harus Terus Ditingkatkan

Minggu, 23 Oktober 2022 / 22.50

Wakil Walikota Medan H Auia Rachman menjadi inspektur upacara pada Peringatan Hari Santri Nasioal 2022 di Halaman Pondok Pesantren Ar Raudhatul Hasanah. (f-kominfo medan)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Meski hujan gerimis terus turun sejak pagi  namun pelaksanaan upacara Hari Santri Nasional 2022 Kota Medan Tahun 2022 berlangsung lancar dan penuh khidmat di halaman Pondok Pesantren Ar Raudlatul Hasanah Jalan Setia Budi Simpang Selayang Medan, Sabtu (22/10/2022). Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman yang bertindak sebagai inspektur upacara, berharap peran santri harus terus ditingkatkan.

"Kita semua mengharapkan kehadiran santri dengan keteladanannya, keilmuannya serta akhlaknya dapat menjadi contoh bagi masyarakat, khususnya di Kota Medan," kata Aulia Rachman.

Dihadapan Kakan Kemenag Kota Medan Dr  H Impun Siregar MA, Camat Medan Tuntungan Harry Indrawan Tarigan, pimpinan Pesantren, Kepala MAN, Kepala MTsN, Kepala MIN, Kepala KUA Se Kota Medan, Wakil Ketua Umum Badan Wakaf Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah dr H Hilaluddin Sembiring serta Direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah KH Solihin Adin S Ag MM yang hadir dalam upacara tersebut, Aulia selanjutnya berpesan kepada seluruh santri untuk terus mengasah diri dan senantiasa memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

"Saya berharap para santri juga harus menjadi agen perubahan dan pembangunan serta menjadi insan yang selalu menjunjung tinggi nilai keagamaan dan martabat kemanusiaan," pesannya.

Mantan anggota DPRD Medan ini kemudian mengingatkan agar Peringatan Hari Santri ini tidak hanya menjadi peringatan seremonial semata, tapi harus benar-benar menjadi pengingat dan refleksi kontribusi santri  dalam setiap fase perjalanan bangsa Indonesia.

Sebagai insan yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai agama, Aulia mengingatkan agar para santri juga harus selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Dikatakannya, santri juga harus senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusiaan adalah esensi ajaran agama. Apalagi, imbuhnya, di tengah kehidupan Indonesia yang sangat majemuk.

"Bagi santri, menjaga martabat kemanusiaan berarti menjaga Indonesia," paparnya.

Melalui momen upacara peringatan Hari Santri ini, Aulia di penghujung sambutannya tak lupa mengajak semua untuk bersama-sama mendoakan para pahlawan, terutama dari kalangan ulama, kiai dan Santri yang telah syahid di Medan perang demi kemaslahatan bangsa dan negara. "Semoga arwah para pahlawan bangsa di tempatkan yang terbaik di sisi Allah SWT," harapnya. (mar)
Komentar Anda

Terkini