-->

Menparekraf: FKM 2022 Memajukan Industri Fashion dan Menggerakkan Ekonomi Kreatif

Kamis, 20 Oktober 2022 / 13.46

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan membuka FKM tahun 2022 di Suzuya Plaza. (f-kominfo deli serdang)

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan membuka Festival Kreasi Motif (FKM) Deli Serdang Tahun 2022 di Suzuya Plaza Tanjung Morawa, Jalan Medan-Lubuk Pakam, Km 17.5, Kecamatan Tanjung Morawa, Kamis (13/10/2022).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kabupaten Deli Serdang, H Ashari Tambunan, mengatakan kehadiran batik terus berkembang dengan pesat di seluruh wilayah tanah air, saat ini batik makin masif digunakan oleh masyarakat dengan ditampilkan diberbagai panggung kelas lokal bahkan kelas dunia ini banyak memberikan manfaat besar untuk masyarakat Indonesia termaksuk kita di Kabupaten Deli Serdang.

Batik Deli Serdang memiliki cetak motif dan perpaduan yang khas melalui teknik dan proses yang unik telah menciptakan beragam motif dan perpaduan khas dan proses unik telah menciptakan beragam motif dengan pilosopi menarik desain yang indah.

"Jika kalau saya banyak berbicara tentang keindahan batik warga masyarakat Deli Serdang barang kali gitu mudahnya memahami dan menilai keindahannya,"Jelas Bupati.

FKM Deli Serdang 2022 merupakan perhelatan akbar dengan konsep fashion show untuk mengenalkan motif khas Deli Serdang hasil kreativitas perajin batik dan tenun unggulan Deli Serdang.

"Pelaksanaan Festival Kreasi Motif ini merupakan tahun kedua diselenggarakan. Tujuannya untuk mewariskan kearifan lokal dan mempromosikan produk-produk Usaha Kecil Menengah (UKM) Deli Serdang. Dan niat masyarakat menggunakan produk UKM daerah dan kita tanamkan bahwa produk Batik Deli Serdang sangat baik. Harapan ke depannya, perkembangan usaha batik di Deli Serdang dapat berkembang pesat," kata Bupati dalam sambutannya.

Disebutkan Bupati, FKM Deli Serdang Tahun 2022 merupakan kolaborasi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Deli Serdang bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DiskopUKM) serta Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Deli Serdang.

Sebelumnya, Ketua Dekranasda Deli Serdang, Ny Hj Yunita Ashari Tambunan dalam laporannya menyebutkan pelaksanaan FKM Deli Serdang 2022 adalah untuk mempromosikan kepada masyarakat Sumatera Utara, dan Kabupaten Deli Serdang pasa umumnya tentang motif khas Kabupaten Deli Serdang, produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan ekonomi kreatif Kabupaten Deli Serdang.

Pameran tersebut diikuti 53 UMKM dari binaan Dekranasda Deli Serdang, Dinas Koperasi dan UKM, Disperindag dan Disbudporapar Deli Serdang, dilaksanakan selama empat hari, mulai Kamis (13/10/2022) hingga Minggu (16/10/2022).

Pada pembukaannya, FKM Deli Serdang 2022  dimeriahkan dengan sejumlah rangkaian acara, antara lain Fashion Show Kepala OPD, Camat, dan Kepala Bagian (Kabag) Pemkab Deli Serdang, peninjauan stan pameran dan hiburan.

"Ini semua untuk menggerakkan masyarakat agar bangga, membeli dan menggunakan produk UMKM lokal Deli Serdang maupun nasional buatan anak bangsa. Sebagai wadah apresiasi bagi para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di Kabupaten Deli Serdang," terang Ketua Dekranasda Deli Serdang.

Nah, di sela-sela acara pembukaan FKM Deli Serdang 2022 itu, muncul Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.

Kemunculan Menparekraf tersebut tidak secara langsung, melainkan melalui video. Dalam video itu, Menparekraf menyampaikan apresiasi terhadap para pelaku UMKM yang mampu memberi perkembangan positif pada pertumbuhan ekonomi, khususnya dalam bidang fashion.

"Industri kreatif subsektor fashion tengah menunjukkan perkembangan yang positif. Ini membuktikan eksistensi para pelaku ekonomi kreatif yang mampu menggerakkan perekonomian," ucap Menparekraf.

Menparekraf juga memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemkab Deli Serdang, yang telah menginisiasi pelaksanaan FKM Deli Serdang 2022.

Disebutkan Menparekraf, Festival Kreasi Motif Deli Serdang tahun 2022 menjadi momen yang tepat untuk memperkenalkan kekayaan motif wastra khas Deli Serdang sebagai karya dari tujuh perajin batik dan tenun Kabupaten Deli Serdang.

Selama empat hari ke depan, FKM Deli Serdang 2022 diharapkan mampu meningkatkan kreativitas dan jejaring para pelaku ekonomi kreatif, khususnya di Kabupaten Deli Serdang.

"Saya mengucapkan selamat dan sukses untuk perhelatan Festival Kreasi Motif Deli Serdang 2022, yang dengan semangat tinggi turut memajukan industri fashion dan menggerakkan ekonomi kreatif. Mari kita apresiasi dan dukung produk-produk buatan dalam negeri, karena kira bangga buatan Indonesia," imbuh Menparekraf.

Hadir dalam pembukaan FKM Deli Serdang 2022 tersebut, Wakil Bupati (Wabup), H M Ali Yusuf Siregar; Ketua DPRD Deli Serdang, Zakki Shahri SH; Dandim 0204/DS, Letkol Czi Yoga Febrianto SH MSi; Kajari Deli Serdang, Jabal Nur SH MH; Ketua Pengadilan Agama Deli Serdang, Drs Juwaini SH MH; Sekretaris Daerah (Sekda) Deli Serdang, Darwin Zein SSos; Ketua Dekranasda Deli Serdang, Hj Yunita Ashari Tambunan; Wakil Ketua Dekranasda Deli Serdang, Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar; Ketua Darma Wanita Deli Serdang, Ny Herawati Darwin Zein; para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang; Camat se-Deli Serdang, dan lainnya. (lbs)

Komentar Anda

Terkini