Peringatan Haornas ke-39, Bupati DS Beri Penghargaan pada 262 Atlet dan Pelatih Berprestasi

Sabtu, 01 Oktober 2022 / 22.47

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan membacakan pidato Menpora saat peringatan Haornas ke 39 Tahun 2022.(f-kominfo deli serdang)

LUBUK PAKAM, KLIKMETRO.COM - Sebanyak 262 atlet dan pelatih mendapatkan penghargaan pada Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 Tahun 2022 di Balairung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, Jumat (30/9/2022).

Penghargaan yang diberikan Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan itu karena ke-262 atlet dan pelatih tersebut dianggap berprestasi dan telah mengharumkan nama Kabupaten Deli Serdang, baik di tingkat provinsi, nasional maupun internasional.

Membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Prof Dr Zainudin Amali SE MSi, Bupati mengatakan bangkitnya ekonomi dan produktivitas masyarakat melalui olahraga setelah melewati keterbatasan aktivitas fisik selama masa dua tahun pandemi Covid-19 menjadi momentum peringatan Haornas yang dilaksanakan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No.67 Tahun 1985 tentang Hari Olahraga Nasional.

Kolaborasi dan komitmen yang kuat antara pemerintah pusat, daerah, swasta dan stakeholder olahraga untuk bersama-sama dalam mencetak juara di bidang olahraga dalam prosesnya sangatlah panjang. Diawali melalui pembudayaan olahraga, pembinaan sejak usia dini, kompetisi secara berjenjang dan sistematis serta didukung dengan penerapan sport science.

Lahirnya Undang-Undang (UU) No.11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan dan terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) No.86 Tahun 2021 tentang Design Besar Olahraga Nasional (DBON), diharapkan mampu memberikan konstribusi pencapaian tujuan pembangunan olahraga dalam dimensi yang lebih luas, yakni untuk mewujudkan Indonesia bugar berkarakter tangguh dan berprestasi dunia, bahkan olahraga harus mampu berperan dalam pemberdayaan ekonomi.

Oleh sebab itu, tema peringatan Haornas ke-39 Tahun 2022 ini adalah Bersama Cetak Juara.

Selanjutnya, untuk optimalisasi pemassalan dan pembudayaan olahraga, sesuai amanat UU No.3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional sebagaimana telah diubah menjadi UU No.11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, maka harus dilaksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat, sehingga olahraga dijadikan sebagai kebutuhan hidup dan gaya hidup, yang tentunya dalam pelaksanaannya saat ini dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Kepada para pahlawan dan peraih penghargaan olahraga, semoga tetap sukses dengan perjuangannya di dalam peningkatan prestasi dan minat masyarakat untuk berolahraga. Selamat memperingati Hari Olahraga Nasional ke-39 untuk semua warga Negara Indonesia, semoga dapat mencintai olahraga sebagai gaya hidup (life style), sehat dan bugar," kata Bupati.

Hadir di acara itu, Ketua DPRD Deli Serdang Zakky Shahri SH; Dandim 0204/DS, Letkol Czi Yoga Febrianto SH MSi; Wakapolresta Deli Serdang AKBP Agus Sugiyarso, SIK; mewakili Ketua Pengadilan Agama Lubuk Pakam, Drs Juwaini SH MH; Kasubsi Intel Kejari Deli Serdang, Eddy Sanjaya SH; Kakan Kemenag Deli Serdang, Drs Abdul Haris Harahap MAP; perwakilan cabang olahraga se-Deli Serdang

Turut mendampingi Bupati, Sekretaris Daerah Deli Serdang Darwin Zein SSos, Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs Citra Effendi Capah MSP; Kepala Dinas Budaya, Pemuda, Olahraga dan Kebudayaan, H Khoirum Rizal ST MAP, Kepala Dinas Pendidikan, Yudy Hilmawan SE MM, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, camat se-Deli Serdang.(lbs)

Komentar Anda

Terkini