-->

Kapolsek Lima Puluh Monitoring Kampanye Perdana di Desa Empat Negeri

Selasa, 08 November 2022 / 19.52

Kapolsek Lima Puluh AKP Rusdi monitoring kampanye perdana di Desa Empat Negeri. (f-ist)

BATU BARA, KLIKMETRO.COM -  Kampanye Calon Kepala Desa (Cakades) di 34 desa se Kabupaten Batu Bara dimulai hari ini, Selasa (8/11/22).

Desa Empat Negeri, Kecamatan Datuk Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara merupakan salah satu desa yang ikut Pilkades serentak 2022 di Kabupaten Batu Bara dengan 2 Calon Kepala Desa (Kades). 

Kampanye perdana pemilihan Kepala Desa Empat Negeri tahun 2022 dirangkai dengan kegiatan gotong royong, penyampaian visi misi calon dan deklarasi damai.

Kegiatan itu turut dihadiri oleh Bupati Batu Bara diwakili Asisten 1 Rusian Heri, S.Sos, Kadis PMD Radiansyah F Lubis, S.Sos, Camat Datuk Lima Puluh Basrah, MPd, Ka Kesbangpol Azwar, SP, Kapolsek Lima Puluh AKP Rusdi, SH, MM, Pj Kades Empat Negeri, Ketua Panitia Pilkades Ade Musliadi, tokoh masyarakat, tokoh agama serta masyarakat pendukung Cakades.

Dalam kegiatan itu, Kapolsek Lima Puluh AKP Rusdi, SH, MM, menghimbau sekaligus mengajak seluruh elemen masyarakat di Desa tersebut untuk menjunjung tinggi perdamaian.

"Sebentar lagi Pilkades akan dimulai, saya ingatkan kepada semuanya agar menjunjung tinggi sportifitas dan perdamaian. Saya harap pilkades ini berjalan dengan lancar dan roda Pemerintahan Desa Empat Negeri dapat berjalan lebih baik lagi," tegasnya.

Sementara itu, Cakades Nomor urut 2 Kamaluddin yang akrab disapa Ute Kamel tampak memulai kampanye perdananya di Pekan Kamis di Dusun Benteng dan mempaparkan visi misinya serta program kerja unggulan, pemekaran Dusun serta peningkatan ekonomi warga.

Kamaluddin dengan tegas memaparkan programnya untuk memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) melalui program pengelolaan destinasi wisata alam/wisata kuliner sebagai langkah untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

"Saya yakin program tersebut akan mengurangi tingkat pengangguran sekaligus meningkatkan ekonomi rumah tangga", ungkapnya.

Dengan visi 'Terwujudnya Masyarakat Empat Negeri Yang Berkeadilan dan Bermartabat', Kamaluddin menyusun 8 program kerja dengan tujuan akhir peningkatan kesejahteraan warga Desa Empat Negeri.

Adapun 8 program kerja Kamaluddin yang akan dilaksanakan bila terpilih sebagai Kepala Desa Empat Negeri adalah : Pertama, memberdayakan potensi masyarakat, Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) sebagai langkah menopang ekonomi kerakyatan. Juga memberdayakan kaum ibu / PKK untuk peningkatan industri perumahan melalui program Badan Usaha Milik Desa (BUMdes).

Kedua, menciptakan kondisi masyarakat Desa Empat Negeri yang aman, tertib, guyup dan rukun dalam kehidupan bermasyarakat.

Ketiga, optimalisasi penyelenggaraan Pemerintah Desa Empat Negeri yang transparan dan akuntabel.

Keempat, pelaksanaan pembangunan dengan mengedepankan partisipasi dan gotong royong masyarakat.

Kelima, bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten, Provinsi dan Pusat dalam mewujudkan Pembangunan Infrastruktur di Desa Empat Negeri

Keenam, menumbuhkan semangat masyarakat dan generasi muda dalam peningkatan program 'memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat' melalui kegiatan -kegiatan olahraga dan permainan (perlombaan) masyarakat serta menjadikan kegiatan sebagai kompetisi tahunan

Ketujuh, pemberdayaan masyarakat dan generasi muda dalam kegiatan sosial, keagamaan dan keterampilan.

Kedelapan, meningkatkan kinerja aparatur pemerintah desa dalam pelayanan administrasi masyarakat secara cepat dan benar dengan melekatkan budaya "SAPA SENYUM SALAM" (3S), berdedikasi tinggi dan bertanggungjawab untuk mewujudkan Pemerintah Desa Empat Negeri Bermartabat. 

Demikian pula sesuai misinya yaitu 'Mewujudkan tatanan Dusun - Dusun di Desa Empat Negeri yang APIK dan TERATUR melalui program pemekaran "EMPAT NEGERI SEPULUH DUSUN" meliputi : Dusun I Benteng menjadi 4 Dusun, Dusun II Titi Putih menjadi 2 Dusun, Dusun VI Gelugur menjadi 2 Dusun dan Dusun VII Terap menjadi 2 Dusun', Kamaluddin yang sehari-harinya berprofesi sebagai wartawan tersebut akan merealisasikan aspirasi warga seperti : Di Rambung Merah, diantaranya mewujudkan Rambung Merah menjadi Dusun definitif yang nama dusunnya akan disesuaikan  berdasarkan hasil musyawarah masyarakat dengan melekatkan situs sejarah Dusun. Kedua, peningkatan sektor transportasi melalui program pembukaan akses/ jalan penghubung antar dusun.

Demikian pula di Titi Putih, akan dilakukan tindakan-tindakan diantaranya, 

peningkatan ruas jalan Dusun melalui program pembukaan akses jalan yang menghubungkan Titi Putih - Naga Mandi dengan mengedepankan azas musyawarah dan mufakat. Kemudian peningkatan perekonomian masyarakat di bidang peternakan dengan menjalin kerjasama dengan pihak perusahaan perihal lokasi gembala dan pakan ternak.

Selanjutnya di Benteng, Kamaluddin menyebutkan akan melakukan peningkatan ruas jalan desa, jalan usaha tani, drainase dan saluran pembuangan air. Juga pendataan jalan Dusun serta menetapkan legalitas status jalan/gang di Dusun berlandaskan ketentuan dan peraturan.

Serta pemanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) melalui program pengelolaan destinasi wisata alam/wisata kuliner sebagai langkah untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Khusus di Terap / Pulau Pitung, direncanakannya peningkatan ruas jalan dan drainase, penambahan tiang dan arus listrik ke rumah-rumah warga serta penambahan tiang listrik serta lampu penerangan jalan penghubung Dusun VII dengan Dusun I Benteng.

Di Gelugur, Kamaluddin memprioritaskan peningkatan akses jalan dan drainase serta perbaikan saluran irigasi pertanian. Selain itu di Gelugur Kamaluddin akan mengoptimalkan pemanfaatan aset desa melalui musyawarah dengan melibatkan Badan Perwakilan Desa (BPD) tokoh dan elemen masyarakat guna peningkatan pendapatan masyarakat.

Kamaluddin juga memprogramkan peningkatan akses jalan penghubung antar Dusun melalui musyawarah dengan mengedepankan azas kepatutan dan bersifat saling menguntungkan. (dani)

Komentar Anda

Terkini