Pemkab Deli Serdang Apresiasi Festival Kuli Kontrak dan Ziarah Bangsal di Desa Saentis

Minggu, 15 Januari 2023 / 19.37

Pemkab DS mengapreasi pegaleran Festival Kuli Kontrak dan Ziarah Bangsal di Desa Saentis. (ft-lubis/klikmetro)

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Pemerintah Kabupaten Deli Serdang mengapresiasi Pagelaran Seni Budaya Festival Kuli Kontrak dan Ziarah Bangsal yang digelar di Desa Sentis, Kecamatan Percut Sei Tuan oleh Ssniman dan tokoh budaya Jawa untuk mengenang sejarah para buruh perkebunan di zaman Kolonial Belanda. 

Kegiatan Seni Budaya ini berlangsung selama 2 hari, Sabtu-Minggu (14-15/1/2023) yang dibuka oleh perwakilan Kementrian Kebudayaan Pusat ditandai dengan pemukulan gong yang disaksikan oleh Bupati Deli Serdang diwakili oleh Asisten I Pemerintahan Drs Citra Effendi Capa,.

Sebelumnya kehadiran Bupa ti yang diwakili Asisten I Pemerintahan serta para rombongan disambut dengan pertunjukan Reok Ponorogo dari Desa Kolam serta tari-tarian Jawa. 

Kegiatan ini juga diisi dengan melantunkan lagu Indonesia Raya dan Mars Deli Serdang.

Menyampaikan sambutan Bupati H.Ashari Tambunan, Citra Efendi Capa mengucapkan terima kasih kepada panitia yang menggelar festival tersebut. Masyarakat diminta agar terus mengingat budaya serta sejarah.

"Kita mengapresiasi kegiatan pagelaran budaya ini. Baru pertama kali digelar di Kabupaten Deli Serdang dan mendapat bantuan dari Kementrian Pariwisata. Hal ini patut dicontoh dan Pemkab Deli Serdang memberi apresiasi setinggi tingginya kepada panitia. Negara yang besar adalah negara yang mempertahankan kebudayaan dan ingat sejarah,"pesannya. 

Selanjutnya, kata sambutan dari Ketua Panitia Ayub. 

Turut hadir, Kadisbudpar DS H. Khairum Rizal, Camat Percut A. Fitriyan Syukri, Sekcam Nasib Solichin, Kasi Trantib Harun Indra Mulia, Kades Sentis Asmawito, Sekdes, Ketua FKDM, Perangkat Desa, para Kadus Babinsa, Babinkamtibmas, seniman, tokoh masyarakat serta undangan lain. (lbs)

Komentar Anda

Terkini